Tumbuhkan Kreativitas, Ratusan Siswa se-Jabar Antusias Ikuti Stem Camp

Serba Serbi  
Siswa membuat roket air
Siswa membuat roket air

BANDUNG----Ratusan siswa SD dan SMP se-Jabar, antusias mengikuti kegiatan Stem Camp dengan tema 'Menyelami Sains dan Teknologi dalam Islam untuk Siswa Indonesia Berkahlak Berprestasi' akhir pekan lalu.

Kegiatan tersebut, digelar oleh Darul Hikam Integrated School (DHIS) Secondary Lembang dan SMP-SMA Darul Hikam Berasrama.

Menurut Kepala Sekolah DHIS Secondary Lembang, Binar Kasih Sejati, kegiatan tersebut berisi latihan kemandirian dan melaksanakan Stem (Science, Technology, Engineering and Mathematic) dengan tema besar yakni Hydro (air).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Stem Camp dengan tema besar Hydro (air) merupakan latihan untuk meningkatkan kemandirian dan keterampilan siswa sekaligus mengasah keterampilan berfikir dan kolaborasi," ujar Binar, Kamis (22/2/2024).

Binar menjelaskan, peserta yang ikut Stem Camp berasal dari 29 sekolah di Jabar terdiri dari SD Kelas V dan VI serta SMP Kelas VIII dan IX. Mereka didukung untuk meningkatkan kreativitas dan kemandirian dengan mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari workshop konten kreator hingga membuat karya sains berupa roket air sederhana dari bekas botol air mineral.

"Ada 100 peserta. Mereka berkarya disini, belajar dan berkembang," katanya.

Binar menambahkan, sesi yang paling ditunggu adalah pembuatan roket air. Dalam satu kelompok terdiri dari 6 orang. Setiap siswa secara tidak langsung dilatih motorik membuat roket air agar bisa meluncur dan mencapai target yang sudah dtentukan.

"Nanti dipilih 4 juara, meliputi roket terbaik, video terbaik dan peserta terbaik dan akan mendapat reward. Namun, secara experience ini merupakan kerja kelompok untuk membangun kebersamaan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Stem Camp, Sofia Malika Keiko mengatakan, pesan yang ingin disampikan dalam Stem Camp yaitu mengasah kreativitas dan melatih kekompakan bersama tim serta memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar, seperti pembuatan roket air.

"Poinnya, kreativitas itu bisa datang dari mana saja bahkan dari lingkungan sekitar. Melalui Stem Camp ini diharapkan bisa melatih dan mengasah kreativitas," katanya.

Salah seorang siswa SD Labschool Bandung, Abyan mengaku senang bisa ikut Stem Camp. Menurutnya, ini pegalaman baru bagi dirinya karena bisa mengikuti beragam kegiatan bahkan bertemu dengan teman baru.

"Saya senang bisa ikutan acara Stem Camp ini. Saya dapat teman baru dan bisa menambah pengalaman," katanya.

Abyan yang bercita-cita jad astronot itu juga mengungkapkan kegembiraanya bisa membuat karya berupa roket air dengan teman-temannya. Menurutnya, ia melakukan eksperimen yang menguji keterampilan dan pengetahuan tentang luar angkasa atau kendaraan terbang.

"Sangat berkesan, disini having fun dapat ilmu baru," katanya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image