YP Telkom Bandung Beri Pelatihan Awareness Literasi Digital ke Ratusan Siswa SMK

Umum  
YPT Telkom Bandung memberi pelatihan literasi digital
YPT Telkom Bandung memberi pelatihan literasi digital

BANDUNG----Agar terhindar kejahatan digital yang kian marak, Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Bandung memfasilitasi 356 siswa kelas X SMK Telkom Makassar mengikuti pelatihan Awareness Literasi Digital.

Acara bertajuk 'Membangun Jejak Digital yang Aman' digelar di SMK Telkom Makassar, akhir pekan ini.

Pelatihan yang merupakan kerjasama PT Telkom unit CDC dengan YPT ini menghadirkan pemateri pelatihan Syifa Afifah Qalbi dari PT Telkom Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Syifa, siswa diharuskan mampu memahami rule dalam menggunakan segala jenis perangkat digital. Terutama mempelajari terlebih dulu mengenai empat pilar penting sebelum kita berkomunikasi digital. y

Yaitu digital skill, digital safety, digital culture, dan digital ethics.

Ini, kata dia, menjadi sangat penting karena dalam keempat pilar itu biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti WhatsApp, grab, shopee dan lainnya.

"Ada rambu-rambu yang harus dipahami agar kita terhindar dari kejahatan digital. Terpenting siswa menjadi tahu bagaimana privasi terjaga dan bisa terhindar dari pelanggaran atau kejahatan," ujar Syifa dalam keterangan resminya, Sabtu (24/3/2024).

Menurutnya, setiap siswa harus memahami juga apa perbedaan data pribadi dan privasi, sehingga tidak mudah menyebarkannya ke orang lain. Karena, data pribadi itu harus dilindungi. Tidak sedikit kasus pelanggaran atau kejahatan digital berawal dari tersebarnya data pribadi atau privasi.

"Jangan pernah memposting identitas di media sosial. Atau bisa juga mudah mengizinkan aplikasi untuk mengakses apa saja dari ponsel atau media sosial yang kita miliki," katanya.

Sebagai contoh, kata dia, kejahatan digital yang diawali penyebaran identitas di media sosial adalah seseorang terjerat pinjaman online (pinjol). Ada juga teknik lain yang dilakukan pelaku kejahatan digital seperti phising atau mengetahui data seseorang dengan cara mengelabuinya.

"Sebaran situs phising banyak terjadi di WA, seperti daftar prakerja, atau mendapatkan subsidi gratis dari instansi pemerintah, dan banyak lagi contoh lainnya. Padahal tujuan utamanya mencuri data pribadi," kata Syifa.

Syifa memberi tips agar keamanan digital kita terjaga. Ada lima langkah yang bisa dilakukan. Pertama, mengidentifikasi aset digital yang dimiliki seperti akun medsos, e-mail, m-banking. Kedua, lindungi aset digital, seperti password, 2-Factor Authentication (2FA), privacy setting, backup data.

Ketiga, kata dia, deteksi insiden terkait keamanan digital, seperti haveibeenpwned, review activity, WA-web. Keempat, respon insiden dengan langkah terukur, contohnya ganti password, account takeover, announcement. Kelima, recover kembali akun dengan cara format ulang, restore, peningkatan keamanan dan cara lainnya.

"Dengan memahami itu semua, kita bisa terhindar dari kejahatan dan penyalahgunaan jejak digital," katanya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image