Mumpung Hari Jum’at, Ustadz Adi Hidayat Sarankan Perbanyak Baca Surat Al Kahfi

Agama  
Ustadz Adi Hidayat menyarankan perbanyak amalan di hari Jum'at salahsatunya membaca Surat Al Kahfi
Ustadz Adi Hidayat menyarankan perbanyak amalan di hari Jum'at salahsatunya membaca Surat Al Kahfi

BANDUNG – Hari Jum’at merupakan hari penuh kemuliaan bahkan dalam Al Qur’an sampai disebut Sayyidul Ayyam atau pemimpin para hari. Nah mumpung Hari Jum’at perbanyak amalan yang dikerjakan baik oleh laki-laki maupun perempuan. Salahsatunya membaca Al Qur’an.

Bahkan Ustadz Adi Hidayat menyarankan untuk banyak membaca Surat Al Kahfi. “Ada sunah membersihkan diri, untuk laki-laki misalnya, tipiskan kumis kucur kumis, rapikan jenggotnya dan mandi, seperti halnya mandi janabah (mandi junub atau besar),” ujar UAH sapaan akrab Ustadz Adi Hidayat yang dikutip dari akun Youtube Ceramah Pendek, Jum’at (25/02/2022)

Membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat adalah amalan yang sangat besar pahalanya. Dengan terbiasa membaca maka akan semakin tahu makna dari isinya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hal ini juga bisa menjadi motivasi tersendiri karena pada hakikatnya membaca satu huruf Al-Quran saja akan mendapatkan 10 kebaikan sebagaimana dijelaskan dalam H.R. Tirmidzi.

Sama halnya dengan kaum laki-laki, UAH menyarankan kaum perempuan membaca surat Al Kahfi demi menyambut hari Jumat.

Ada lagi amalan cerdas yang pahalanya akan tetap mengalir yaitu sedekah. “Amalan yang mengalir sampai meninggal dunia, disebut dengan sodakoh jariyah,” ungkap UAH.

Selain itu, UAH pun menyarankan untuk membersihkan diri salahsatunya dengan memotong kuku. "Dan diantara semua itu juga berlaku untuk perempuan juga seperti memotong kuku," saran UAH.

Di dalam ajaran islam terdapat adab dalam memotong kuku, UAH mencontohkan agar memulai memotong kuku dari tangan kanan kemudian dilanjutkan ke tangan kiri.

"Di mana mulailah memotongnya dengan dari kuku tangan yang kanan dulu kemudian dilanjut memotong kuku tangan kiri," katanya. Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image