7 Fakta Menarik Guru Besar ITB dan Pelukis Ternama Prof Srihadi, Ternyata Desainer Lambang ITB

Bandung Pisan  

BANDUNG---Siapa yang tak tahu dengan lambang kampus ternama di Kota Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB). Ternyata, gajah sedang duduk itu tak terlepas dari peran salah satu Guru Besar ITB. Yakni, Prof Kanjeng Raden Haryo Tumenggung H Srihadi Sudarsono Adhikoesoemo, MA.

Namun, saat ini ITB bersedih karena Guru Besar purnabakti Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, Prof Srihadi menghembuskan nafas terakhir pada Sabtu (26/2/2022) pukul 05.20 WIB di Bandung.

Berikut 7 Fakta Menarik Guru Besar dan Pelukis Ternama Prof Srihadi:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Prof Srihadi yang dikenal sebagai seorang pelukis itu wafat pada usianya yang ke-90 tahun. Ia merupakan alumni ITB yang karya lukisnya diakui dunia.

2. Untuk mengenang jasa almarhum, ITB menyelenggarakan upacara pelepasan jenazah di Aula Timur ITB secara militer. Sebelumnya, jenazah disalatkan di Masjid Salman ITB. Almarhum kemudian disemayamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta.

3. Sekretaris Institut ITB, Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo menyampaikan pesan Rektor ITB, bahwa almarhum adalah sosok yang santun dan penuh hormat kepada siapapun baik senior maupun yuniornya. Sejumlah prestasi dan jasa serta bakti telah dipersembahkan kepada masyarakat bangsa dan negara.

4. Prof Srihadi lahir di Solo, Jawa Tengah, 4 Desember 1931. Ia merupakan lulusan Fakultas Teknik Bandung (tamat 1959) yang masih menginduk ke Universitas Indonesia. Kemudian melanjutkan sekolah Master of Arts di The Ohio State University (tamat 1962), kemudian melanjutkan research program Fulbright-Hays grant (1980) di The Ohio State University, A.S.

5. Prof Srihadi merupakan Guru Besar Institut Teknologi Bandung 1992, yang mengajar selama 40 tahun dan menerima penghargaan piagam bakti cendekia utama ITB tahun 1998.

6. Berdasarkan buku Aura Biru – Catatan Para Pelaku Sejarah ITB yang diterbitkan oleh ITB pada tahun 2009, terdapat tulisan yang berjudul “Nostalgia Kampus ITB, Dalam Lima Aura Warna” karya A.D. Pirous. Pada tulisan tersebut, disebutkan bahwa Prof Srihadi merupakan orang yang mendesain lambang ITB yang bentuknya masih lestari hingga saat ini.

7. Tugas mendesain tersebut merupakan tugas dari para tokoh masyhur ITB, di antaranya Prof. Ir. Soetedjo, Prof. S. Soemardja, Prof. Soemono, dan Prof. Ir. R.O. Kosasih. Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image