7 Tips Agar Bisa Lulus Beasiswa University of Warwick Inggris

Info Terkini  

1. Afriana Siagian adalah mahasiswa S2 dalam program Supply Chain and Logistics Management di University of Warwick. Afriana adalah penerima beasiswa LPDP yang didanai oleh Pemerintah Indonesia. Sebelum menempuh gelar Masternya, Afriana sudah bekerja di perusahaan manufaktur selama sekitar 5 tahun. Ia pun berbagi cerita bagaimana proses ketika dirinya memburu beasiswa.

2. Afriana, mendapatkan beasiswa fully funding dari Kementerian Keuangan. Itu benar-benar sangat legit dan worth it untuk dikejar. Untuk tahap registrasi LPDP sendiri sebenarnya standar, cuma ada 3 step. Pertama, ada screening administrasi, yang kedua ada psikotes, lalu nanti ada substansi (interview dan tes kebangsaan atau pengetahuan tentang kewarganegaraan).

3. Hal terpenting yang harus dipersiapkan adalah bagian personal statement. Sebab, hal itu lah yang berpengaruh besar apakah kita akan diterima atau tidak.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

4. Tips dari Afriana, personal statement harus benar-benar disiapkan. Harus diperkuat di bagian personal statement. Jadi ketika lulus administrasi, lalu nanti maju ke tahap interview. Itu nanti yang akan banyak digali oleh interviewernya. Simpelnya, bagaimana sebenarnya masa lalu kita, apa yang sudah kita kerjakan, apa jurusan kita, apa organisasi yang sudah pernah kita ambil, apa yang akan kita lakukan kedepannya, hal apa yang mau kita eksplor, dan kontribusi apa yang nanti akan kita berikan untuk Indonesia sesuai dengan keilmuan kita. Jadi, memang harus sesuai antara masa lalu, masa sekarang, dan masa depan.

5. Afriana sendiri mengikuti program Master di WMG. Dia menjelaskan kalau di WMG setidaknya terdapat 15 Master program.

6. Afriana memilih jauh-jauh menempuh gelar Masternya di Warwick. Alasan pertamanya di UK, durasinya tak seperti di US atau negara Eropa lainnya yang rata-rata 2 tahun. Kalau di UK hanya 1 tahun. Kenapa Warwick? Selain karena ranking dan join dalam Russell group university yang semua orang sudah tahu juga, backgroundnya di Supply Chain & Logistic Management.

Jadi, ia ingin menggali lebih dalam keilmuannya. Karena nanti kedepannya ia butuh ilmu ini untuk bisa mewujudkan long term goals. FYI, di UK itu hanya ada 3 universitas yang punya program yang spesifik untuk Supply Chain Logistic, salah satunya Warwick. Setelah saya lihat dari struktur, ranking, dan link ke global companies, maka ia memilih Warwick.

7. Afriana pun memilih Warwick karena sangat practical dan very specific. Jadi, buat teman-teman yang maunya memang yang practical, pas banget memilih WMG. Lecturernya juga kebanyakan para praktisi, owner dari suatu consulting company. Jadi, akan balance antara teori dan juga prakteknya di industri.

Jika Anda berencana memburu beasiswa LPDP, beruntung sekali karena sekarang Warwick sudah masuk dalam list universitas yang ada di LPDP dan Anda bisa memilih universitas bergengsi di Inggris ini. Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image