MUI Terbitkan Fatwa Rapatkan Saf Shalat Berjamaah Mulai Hari Ini

Agama  
Ilustrasi Shalat Berjamaah, MUI mulai hari ini keluarkan fatwa untuk merapatkan saf dalam shalat berjamaah. /Dokumen Masjid Al Lathiif
Ilustrasi Shalat Berjamaah, MUI mulai hari ini keluarkan fatwa untuk merapatkan saf dalam shalat berjamaah. /Dokumen Masjid Al Lathiif

BANDUNG - Fatwa terbaru dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait pelonggaran aturan seiring menurunnya kasus Covid-19 di Tanah Air. Untuk itu, mulai hari ini Jum'at 11 Maret MUI menyatakan saf dalam ibadah shalat berjamaah untuk kembali dirapatkan seperti dahulu lagi.

Aturan mengenai merapatkan kembali saf tertuang dalam Bayan Dewan Pimpinan MUI tentang Fatwa MUI terkait Pelaksanaan Ibadah Dalam Masa Pandemi bernomor Kep-28/DP-MUI/III/2022. Fatwa tersebut diteken oleh Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh dan Sekjen Amirsyah Tambunan pada Kamis tanggal (10/03/2022).

"Pelaksanaan sholat jamaah dilaksanakan dengan kembali ke hukum asal (azimah), yaitu dengan merapatkan dan meluruskan saf (barisan)," bunyi poin 1 dalam keputusan tersebut, Jum'at (11/03/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Fatwa tersebut berisi mengenai meluruskan dan merapatkan saf ketika sholat berjamaah merupakan keutamaan dan kesempurnaan berjamaah.

Dalam point kedua di fatwa tersebut berbunyi sholat Jumat sudah kembali diwajibkan. Tak hanya itu, akibat dari adanya tren penurunan kasus Covid-19, MUI menyebut umat Islam boleh melakukan aktivitas ibadah yang melibatkan orang banyak.

Aktivitas yang dimaksud, antara lain, sholat Tarawih, sholat id hingga menghadiri pengajian umum. Akan tetapi, MUI mengingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19.

"Umat Islam wajib menyelenggarakan sholat Jumat dan boleh menyelenggarakan aktivitas ibadah yang melibatkan orang banyak. Seperti jamaah sholat lima waktu/rawatib, sholat tarawih dan id di masjid atau tempat umum lainnya serta menghadiri pengajian umum dan majelis taklim dengan tetap menjaga diri agar tidak terpapar Covid-19," tulis poin kedua. Arie Lukihardianti

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image