10 Serba-serbi Chevening Scholarship yang Wajib Diketahui Agar Bisa Lulus

Umum  
Ilustrasi salah satu kampus di Inggris
Ilustrasi salah satu kampus di Inggris

BANDUNG---IBEC (Indonesia Britain Education Centre) sukses menggelar Study in UK Virtual Expo yang berlangsung selama 2 hari. Tepatnya pada 11-12 Maret 2022. Setiap tahunnya, IBEC kerap menggelar dua kali pameran.

Untuk tahun ini, pameran pertama digelar pada bulan Maret. Dalam pameran tahun ini, terdapat belasan universitas yang terlibat, beberapa di antaranya dari University of Exeter, University of Newcastle, University of Edinburgh, University of Glasgow, University of Birmingham, University of Manchester, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menurut Senior Counselor IBEC, S Hendra, selain staff dari universitas, pada gelaran Study in UK Virtual Expo juga menghadirkan program Chevening Scholarship yang merupakan sebuah program beasiswa dari pemerintah Inggris untuk masyarakat Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Rowena Rompas, Scholarships & Alumni Coordinator British Embassy Jakarta membagikan informasi seputar Chevening Scholarships.

Berikut Serba-serbi Chevening Scholarship yang Harus Diketahui:

1. Chevening Scholarship membiayai secara penuh untuk program S2/ Master di UK.

2. Beasiswa Chevening tersedia untuk program Master Degree 1 tahun di semua subject yang ada di UK.

3. Kalau ingin menjadi penerima beasiswa Chevening, kandidat harus memiliki passion yang kuat.

“Beasiswa Chevening dicari orang yang punya passion dan semangat melakukan perubahan. Mereka yang punya kreativitas, mereka yang ingin menjadi future leader, influencer, dan decision maker,” kata Rowena Rompas.

4. Di masa pandemi seperti sekarang ini, semua orang harus bisa dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Itulah yang sangat dibutuhkan dari penerima beasiswa Chevening.

5. Penerima beasiswa harus memiliki career goals yang jelas. Sehingga diharapkan 5-20 tahun kemudian bisa menjadi seseorang.

6. Beasiswa Chevening sebenarnya sangat simple. Yang paling penting adalah merupakan WNI. Sudah tamat S1 dan memiliki ijazah.

“Lalu, setidaknya sudah punya pengalaman kerja 2 tahun. Itu bukan saja full time, tapi pengalamannya boleh juga part time, entah itu sukarela atau internship. Tentunya belum pernah mendapatkan beasiswa Chevening. Kita tidak minta LoA atau IELTS,” paparnya.

7. Beasiswa Chevening merupakan fully covered, termasuk biaya sekolah dan biaya hidup selama 12 bulan atau 1 tahun.

8. Beasiswa Chevening sangat terkenal dengan networkingnya. Karena diselenggarakan di 160 negara. Jadi, jika diterima akan langsung terkoneksi dengan 50.000 penerima beasiswa. Itu yang paling penting. Selama 1 tahun di UK, teman teman akan mengikuti berbagai macam acara. Jadi kesempatan untuk membangun koneksi sangat terbuka lebar. Selain itu bisa mengambil internship, volunteering, mengikuti kompetisi, workshop, trip, dan lain-lain.

9. Sebagai “British Education Specialist”, IBEC menyediakan semua materi referensi dalam berbagai bidang secara lengkap dan rinci, termasuk juga keperluan pendukung dan ribuan informasi program perkuliahan yang ada di Inggris.

10. IBEC merupakan perwakilan resmi dari Universitas di Inggris yang pertama kali dipercaya oleh pihak Kedutaan Besar Inggris untuk mewakili semua dalam pengurusan visa pelajar dan juga sebagai badan resmi perwakilan UCAS (We are UCAS Registered Centre). Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image