Olahraga Berkelompok Baik untuk Hilangkan Stress

Stadion  
Ilustrasi olahraga. Dok. Pixabay
Ilustrasi olahraga. Dok. Pixabay

Memaksakan diri ke pusat olahraga akan sangat sulit jika pergi sendirian. Namun jika bersama-sama, berolahraga akan memiliki rasa yang berbeda.

Bernafas terengah-engah dengan wajah merah ketika melakukan senam sementara orang asing disamping berkeringat mungkin adalah hal yang memalukan. Namun sebuah penelitian menemukan bahwa kelas kebugaran berkelompok adalah hal yang bagus.

Tidak hanya menyenangkan, bersama dengan alunan musik yang bersemangat dan instruktur yang antusias, olahraga berkelompok ternyata dapat meningkatkan kesehatan mental.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Asosiasi Osteopatik Amerika menunjukan bahwa dengan olahraga berkelompok dapat memperbaiki kesehatan mental, fisik dan emosional manusia.

Jika melakukan olahraga kelompok secara teratur, kesehatan fisik dan emosional dapat naik mencapai 25 persen dan 26 persen. Sedangkan bagi kesehatan mental meningkat sebesar 13 persen.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa kelas kebugaran dapat menurunkan tingkar stres sebesar 26 persen. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hubungan antara latihan kelompok dan pengurangan kadar stres.

Penelitian yang dilakukan selama 12 minggu tersebut dilakukan kepada 69 mahasiswa Universitas New England College jurusan Pengobatan Osteopatik.

Ditambah dengan para peserta diberi pilihan apakah mereka bekerja dalam kelompok atau sendiri, yang berarti bahwa mereka bisa saja membuat keputusan berdasarkan ketertarikan pribadi yang kemudian akan menuai lebih banyak manfaat.

Hasilnya, semua peserta yang pergi ke sekolah bersama, kemungkinan diantara mereka banyak yang saling mengenal, dapat menjelaskan mengapa mereka mendapati bahwa program olahraga mereka yang lebih menyenangkan dan kemudian menghilangkan stres.

Meskipun demikian, para ilmuwan menyimpulkan bahwa kelas kebugara kelompok yang dilaksanakan secara teratur dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan emosional dan tingkat stres mahasiswa kedokteran tersebut, seperti dilansir pada laman independent.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image