Cara Menanak Nasi dengan Rice Cooker

Gaya Hidup  
Ilustrasi sendok nasi. Dok. Pixabay
Ilustrasi sendok nasi. Dok. Pixabay

BANDUNG -- Menanak nasi menggunakan panci biasa tentu akan lebih banyak berisiko. Baik itu gosong karena menempel di lapisan panci, hingga nasi yang masih gigih.

Rice cooker pun hadir sebagai jawaban dan menjadi peralatan masak yang wajib dimiliki di dapur. Rice Cooker dapat membuat nasi matang sempurna, dari malam ke malam serta dari makan ke makan.

Sama seperti peralatan masak canggih lainnya, rice cooker membuat hidup menjadi lebih mudah. Simak tips untuk membuat nasi di rice cooker seperti dilansir dari laman The Kitchn.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Mulai dari Cek Buku Manual

Secara umum, instruksi dalam menanak nasi di buku manual akan sama dengan merk lain. Namun ada baiknya membaca buku manual dan mengecek kembali instruksi yang ada sebelum mulai menanak nasi.

2. Perbandingan air dan beras harus pas

Kebanyakan rice cooker menggunakan perbandingan saru banding satu, yakni satu gelas beras dengan satu gelas air. Gunakan perbandingan serupa jika anda membuat nasi dalam jumlah yang besar. Menanak nasi dalam jumlah kecil pun memungkinkan, namun air tidak akan diserap banyak oleh nasi. Untuk itu, penting bagi pengguna rice cooker untuk melakukan percobaan agar menemukan perbandingan yang pas.

3. Sesuaikan rice cooker dengan kebutuhan

Banyak sekali variasi dari rice cooker. Bahkan untuk model yang berbeda dari merk yang sama. Sesuaikan kebutuhan rice cooker dengan kondisi di rumah.

Tentunya tak mungkin jika harus menanak nasi berulang kali karena kebutuhan rumah tidak sesuai dengan ukuran rice cooker. Mulailah dengan menyesuaikan ukuran rice cooker dan sesuaikan perbandingan air dan beras.

4. Cukup tambahkan beras dan selesai

Keindahan rice cooker adalah ia benar-benar bekerja dengan baik. Setelah menambahan beras dan air kemudian menutupnya, maka panas dalam rice cooker bekerja dengan suhu yang tepat.

Dengan teknologi yang dimilikinya, rice cooker akan memantau uap dan tekanan dalan rice cooker serta mematikan diri secara otomatis jika selesai menanak.

Kebanyak rice cooker hanya memiliki tombol on/off saja. Jadi anda tidak perlu memikirkan waktu memasak. Namun jika rice cooker anda memiliki pilihan waktu menanak, baca kembali instruksi dari buku manual.

5. Perhatikan bagian ini di rice cooker

Pertama, bersihkan beras dibawah aliran air sebelum dimasukan ke rice cooker. Dengan mencuci secara terpisah akan mengurangi goresan pada rice cooker dan membuat nasi tidak menjadi terlalu lengket.

Kedua, sebelum dihidangkan biarkan nasi beristirahat selama 10-15 menit setelah selesai dimasak. Hal tersebut uap nasi terangkat dan membuat nasi lebih segar dengan biji-bijian berbeda.

6. Jangan lupa bersihkan rice cooker

Untuk membersihkannya, pindahkan seluruh isi nasi dan biarkan penutupnya terbuka agar bagian dalam rice cooker kering. Setiap sisa nasi akan mudah terangkat jika mencuci menggunakan spons atau serbet.

Jika rice cooker anda menggunakan bahan anti lengket, berhati-hatilah mencuci dengan menggunakan logam atau dapat menggores lapisannya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image