18 Mahasiswa SNMPTN Tak Lakukan Pemutakhiran Data, Ini yang Dilakukan Unpad, di Blacklist?

Umum  
Ilustrasi Unpad/Humas Unpad
Ilustrasi Unpad/Humas Unpad

BANDUNG----Calon mahasiswa baru Universitas Padjadjaran (Unpad) tahun akademik 2022/2023 yang lulus jalur SNMPTN sudah melakukan pemutakhiran biodata secara daring.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof Arief S Kartasasmita, jumlah calon mahasiswa yang diterima di jalur SNMPTN 2022 sebanyak 1.627 orang. Artinya, menurut Prof Arief, ada 18 orang yang tidak melakukan pengisian biodata dan unggah dokumen.

“Alasannya karena sudah diterima di perguruan tinggi lain, yaitu PTN lewat jalur talent scouting dan perguruan tinggi di luar negeri,” ujar Prof Arief.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Unpad sendiri, kata dia, tidak akan memberi sanksi kepada yang tidak mengisi biodata dan unggah dokumen. Sekolah asal juga tidak akan dimasukkan ke daftar hitam (black list).

Namun, kata dia, sanksi akan diberikan langsung dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Berdasarkan kebijakan LTMPT, peserta yang dinyatakan lolos tetapi tidak mengambil jatahnya di jalur SNMPTN kemungkinan tidak akan diikutsertakan pada seleksi nasional lainnya.

Artinya, kata dia, yang bersangkutan tidak dapat mendaftar untuk mengikuti UTBK-SBMPTN. Sementara untuk sekolah, Prof Arief mengatakan tidak ada sanksi yang baku untuk sekolah asal.

Namun, kata dia, berdasarkan kebijakan nasional, hal tersebut akan memengaruhi indeks sekolah yang digunakan dalam proses seleksi.

“Indeks sekolah penting untuk tidak kehilangan prioritas dalam kompetisi seleksi,” katanya.

Berikut tahapan selanjutnya yang harus ditempuh Calon Mahasiswa:

1. Unpad akan melakukan verifikasi pada data dan dokumen yang diunggah calon mahasiswa baru mulai tanggal 5 hingga 18 April 2022.

2. Verifikasi juga dilakukan bagi peserta yang mendaftar program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K).

3. Calon mahasiswa baru dapat mengetahui besaran tagihan uang kuliah pada laman https://students.unpad.ac.id/peserta/.

4. Pembayaran uang kuliah dilakukan mulai tanggal 5 sampai 25 April 2022 melalui bank yang ditunjuk sebagai mitra perbankan resmi Unpad.

5. Setelah pembayaran diterima, Unpad akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa berikut Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) digital ke masing-masing mahasiswa baru. Penerbitan paling lambat dilakukan pada 26 April 2022. Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image