Kunjungi Eropa Ridwan Kamil akan Bertemu Paus Fansiskus di Vatikan Karena Hal Ini

Umum  
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

BANDUNG----Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diagendakan melakukan kunjungan kerja ke Eropa untuk bertemu dengan investor dari sejumlah negara. Gubernur bersama pejabat Pemprov Jabar akan bertolak, Rabu (18/5/2022).

Salah satu agenda Ridwan Kamil adalah akan mengunjungi Vatikan untuk bertemu Paus Fansiskus pada pekan ini. Kunjungan Ridwan Kamil ke Vatikan ini menjadi salah satu agendanya di Italia.

"Saya mohon izin ada dinas luar negeri besok salah satu agendanya saya diterima oleh Paus Fransiskus di Vatikan," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Emil menjelaskan, Provinsi Jabar mendapatkan apresiasi dari Paus Fansiskus. Khususnya mengenai berbagai upaya dialog perdamaian melalui program English For Ulama.

"Itu ternyata sangat baik di mata internasional jadi ada undangan ke sana," katanya.

Menurut Emil, meskipun hanya sebagai Gubernur namun melakukan dialog perdamaian penting dilakukan. Apalagi, saat ini tengah terjadi konflik pada beberapa negara.

"Lagi urgent sekarang Rusia perang dengan Ukraina Israel lagi //pasea// (berantem,red) dengan Palestina ya Nah kalau kita tidak saling dialog dunianya makin tidak damai," katanya.

Emil menilai, peperangan dapat karena tidak adanya musyawarah di antara pemimpin. Dengan tidak adanya dialog yang dilakukan maka tidak kunjung mendapatkan jalan keluar dari konflik tersebut.

"Nah kita mencegah hal-hal tadi dengan rajin silaturahmi cuman levelnya level saya mewakili Jawa Barat Paus Fransiskus mewakili Katolik dunia," katanya.

Dalam kunjungan kerja ke luar negeri tersebut, Emil juga akan menjajaki kerja sama di bidang energi baru terbarukan. Direncanakan kunjungan Gubernur dilakukan hingga tanggal 27 Mei 2022.

Dalam rangkaian kunjungan kerja itu antara lain Ridwan Kamil diagendakan ke Kota Assisi, Italia pada 21-22 Mei 2022, dan berlanjut pertemuan di Roma pada 23 Mei.

Kepastian agenda ini diperoleh setelah Ridwan Kamil menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar Italia untuk Indonesia HE Benedetto Latteri di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (14/5/2022), pekan lalu.

Kedatangan Benedetto saat itu bersama Filippo d'Antoni selaku Branch Director Ansaldo Energia Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut selain membahas tentang rencana proyek kerja sama dalam bidang pengembangan energi, juga memperkenalkan perusahaan Ansaldo Energia.

Ansaldo Energia merupakan perusahaan asal Italia yang bergerak di bidang pengembangan energi dan peralatan listrik seperti turbin gas dan uap, generator dan mikro turbin.

Perusahaan yang berpusat di Italia ini telah memiliki cabang dalam skala international yang berlokasi di Swiss, Uni Emirat Arab, Rusia, Amerika serikat, dan China.

Selain itu, Emil juga dijadwalkan bertemu dengan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) terkait digitalisasi perdesaan dan ketahanan pangan Jawa Barat.

Emil juga, akan bertemu pula dengan Charles DA Ruffalo, Chief Relationship Officer dari GRNBI BV. Dalam kunjungan kerja tersebut, Emil juga akan mengunjungi beberapa provinsi di Eropa untuk menjalin kerja sama melalui program sister province. Arie Lukihardianti

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image