Alasan Persib Ambil Pemain Asing Tanpa Pengalaman Bermain di Indonesia

Stadion  
Omid Nazari. Dok. Instagram
Omid Nazari. Dok. Instagram

BANDUNG -- Persib Bandung terus mencari pemain asing yang tepat untuk mengisi slot pemain Asia. Sebelumnya Persib telah memutuskan untuk tidak menggunakan jasa pemain seleksi, Ryohei Miyazaki.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts kerap kali merekrut pemain asing asal Asia yang belum pernah bermain di Indonesia. Sebut saja Omid Nazari, Farshad Noor dan Mohammed Rashid.

Robert mengakui ada kelebihan sendiri membawa pemain yang belum memiliki pengalaman. Salah satunya adalah tim lain belum tahu cara bermain pemain tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Apa kelebihan membawa pemain asing dari luar (liga) Indonesia adalah belum diketahui permainannya oleh tim lain," kata Robert.

Menurutnya, hal ini bisa memberi warna baru dalam tim. Termasuk memperlihatkan kualitas pemain yang tentu tidak bisa terbaca oleh tim lain.

"Jika kami merekrut pemain dari tim Indonesia lain, tentu kami juga bisa mengenali permainannya. Sebaliknya, jika mereka pemain dari luar, belum tentu diketahui oleh tim lain," kata Robert.

Robert memang tidak pernah salah dalam memilih pemain Asia ketika bermain di liga. Sebut saja permainan solid dari Omid Nazari di musim 2019 hingga akhirnya kompetisi dihentikan akibat Covid-19.

Bahkan Mohammed Rashid pun bisa membawa Persib sebagai runner up liga meskipun tiba beberapa pekan sebelum liga dimulai. Tentu prestasi kedua pemain yang dibawanya ini harus bisa disusul oleh pemain baru nanti.

"Jika mendapat pemain yang lebih bagus dari sebelumnya, tentu itu menjadi tujuan," kata Robert.

Untuk itu pelatih asal Belanda ini memprioritaskan pemain yang belum berkecimpung di sepak bola nasional. Menurutnya, kualitas adalah hal terpenting yang dimiliki oleh pemain asing.

"Tapi jika menemukan pemain asing dari luar Indonesia yang kualitasnya lebih baik pemain yang saat ini sudah berada di Indonesia, itu menjadi opsi pertama," kata Robert.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image