Bayi Dempet Zaina dan Zahira Akhirnya Berhasil Dipisahkan Ini Tingkat Kesulitan Operasinya

Umum  

BANDUNG----Operasi pemisahan bayi kembar siam asal Sukabumi oleh Tim Kembar Siam RSHS berhasil. Akhirnya,

Bayi kembar siam Zaina & Zahira berhasil dipisahkan, Rabu (25/5).

Menurut Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum, drg M Kamaruzzaman M.Sc, operasi berjalan dengan lancar. Setelah menjalani operasi selama kurang lebih 3 jam 17 menit sejak dimulai insisi, organ-organ tubuh bayi berhasil dipisahkan pada jam 13.31 WIB.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Operasi ini membutuhkan waktu 3-4 jam untuk melanjutkan proses operasi hingga selesai. Kondisi bayi saat menjalani operasi cukup stabil," kata Kamaruzzaman.

Sementara menurut Ketua Tim Kembar Siam RSHS, dr. Dikki Drajat Kusmayadi, Sp.BA(K), Zahira dan Zaina ini termasuk kepada Conjoined twin thoracoompalophagus, yakni kembar siam yang menempel badan bagian dada dan perut.

"Agak kesulitan saat memisahkan liver, serta selaput jantung yang menempel, namun alhamdulillah bisa dilakukan. Pada penutupan kulit cukup untuk ditutup. Dinding dada juga memerlukan sedikit alat penambal karena terbuka, tetapi alhamdulilah bisa dilapisi dengan alat tersebut dan tertutup dengan baik, " papar dr Dikki.

dr Dikki menjelaskan, masing- masing organ bayi normal. Liver dempet, tetapi masing-masing liver mempunyai sistem saluran empedu dan darah masing-masing.

"Ada juga pembuluh darah yang menyambung, tetapi bisa dipisahkan," katanya.

Setelah operasi ini, kata dia, diharapkan tidak ada operasi lanjutan, tetapi tim dokter akan mengobservasi perkembangannya.

"Karena kan kita memakai alat penambal yang dipasang di tubuh bayi, yang mungkin asing bagi tubuhnya, nah kedepan akan diobservasi respon dari tubuhnya, semoga baik," katanya

Sementara menurut Sekretaris Tim Kembar Siam, dr. Fiva Aprilia Kadi, Sp.A(K), M.Kes, operasi telah berjalan lancar, namun ada sedikit kendala detak jantung pada salah satu bayi. Tetapi hal itu berhasil teratasi dengan baik dan setelah terpisah kondisi kedua bayi stabil.

"Paska operasi bayi diobservasi antara 7-10 hari, mudah-mudahan lebih cepat jika penyembuhan lukanya lebih baik," katanya.

Bayi Zaina- Zahira merupakan anak ke 2 dan ketiga dari pasangan Evi Susanti dan Abdul Muslih. Berasal dari Kabupaten Sukabumi yang lahir pada 28 Juni di RSHS. Kedua bayi perempuan ini menjalani operasi pada usia 11 bulan.

Orang tua bayi mengetahui kondisi kembar siam saat dalam kandungan 4 bulan dan dirujuk untuk berkonsultasi dengan dokter RSHS sampai lahir, menjalani perawatan hingga operasi pemisahan. Adapun pembiayaan dibantu oleh Yayasan Kitabisa.com. N Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image