Jadi Amirulhaj, Ridwan Kamil Ingin Pastikan Jamaah Jabar Aman dan Sehat

Agama  

BANDUNG--- Gubernur Jabar Ridwan Kamil akhirnya, menjadi amirulhaj atau pemimpin jemaah haji. Sebelumnya pada 2019, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menjadi amirulhaj.

Namun, tahun ini Ridwan Kamil yang pergi menjadi amirulhaj untuk memastikan ibadah 17 ribu calon jemaah haji asal Jabar yang berangkat ke tanah suci aman.

"Kalau tidak ada halangan saya akan menjadi amirulhaj di tahun ini," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil usai rapat di kantor Kemenag Jabar, Rabu (8/6).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Emil, pada 2019, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menjadi amirulhaj. "Tahun 2020 tidak ada. 2021 tidak ada. Sekarang memimpin untuk memastikan sekitar 17 ribu haji Jabar aman sehat, makanan terjamin, tranportasi lancar ibadah tenang itu tugas saya nanti di tanah suci," paparnya.

Emil mengatakan rencananya berangkat ke tanah untuk memimpin rombongan haji pada akhir Juni atau awal Juli. Saat ini, sedikitnya sudah enam kelompok terbang (kloter) jemaah haji. Menurutnya, karena ada pembatasan aturan dari pemerintah Arab Saudi, sehingga hanya 45 persen jemaah haji yang diberangkatkan.

"Nama pribadi saya memohon maaf mudah-mudahan yang seharusnya pergi tapi belum karena kuotanya, bersabar," kata Emil.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Jabar Azam Mustazam mengatakan sudah enam kloter jemaah haji. "Alhamdulillah belum ada laporan meninggal atau apa. Dan, mulai melaksanakan ibadah arbain di Madinah," kata Azam.

Azam mengatakan setiap harinya dua kloter diberangkatkan dari embarkasi. Azam juga menyebutkan totalnya sebanyak 44 kloter jemaah haji di Jabar.

"Sebanyak 17.666 jemaah haji, semua berangkat karena kuota segitu semuanya. Dari 60 tahun ke bawah, dan 18 tahun ke atas berangkat," katanya.

Azam menjelaskan kuota normalnya untuk jemaah haji di Jabar mencapai 40 ribuan orang. Karena ada pembatasan, sehingga hanya 17 ribuan yang diberangkatkan. N Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image