Kenang Eril, Diam-diam Ridwan Kamil Buat Puisi untuk Dipajang di Pemakaman

Bandung Pisan  
Ridwan Kamil menabur bunga di pemakaman Eril/Dok
Ridwan Kamil menabur bunga di pemakaman Eril/Dok

BANDUNG---Gubernur Jabar Ridwan Kamil, terus menceritakan kebaikan almarhum putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Walaupun sudah ikhlas, melepaskan Eril, Ridwan Kamil tapi terus mengenang semau kebaikan anaknya.

Saat memberikan sambutan di wisuda anak keduanya Camillia Laetitia Azzahra atau yang akrab disapa Zara di SMAN 3 Bandung, Kamis (16/6), Ridwan Kamil mengungkapkan kalau dirinya telah membuat puisi untuk almarhum Eril.

Menurut Ridwan Kamil, tulisan puisi yang sudah dibuatnya itu akan dipajang di area pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung. Menurutnya, hal itu untuk mengenag anak sulungnya itu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Jadwal sedih sudah lewat dan Ananda Eril bukan jadi milik kami lagi tapi milik masyarakat," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Sebelumnya, satu persatu kebaikan Eril pun diceritakan Ridwan Kamil di instagram pribadinya melalui tagline jejak Eril.

Salah satu kebaikan Eril yang tak bisa dilupakan Emil adalah, kebaikan Eril pada seorang Satpam di SMA 3 tempat Eril bersekolah. Tak tanggung-tanggung, Eril memberikan sepatu sebagai oleh-oleh saat pergi ke Spanyol. Berikut cerita lengkap Ridwan Kamil:

"Suatu waktu saat Eril masih SMA kami sekeluarga pergi umrah dan lanjut trip Spanyol. Di Sevilla kami mampir ke sebuah toko sepatu dan Eril bilang,

"Pap titip beliin sepatu yang ini ya"

Tentu lah saya belikan untuk kesayangan. Tapi dalam hati saya bingung kenapa ukurannya beda.

Ternyata seminggu kemudian saya baru tau kalau eril beli sepatu itu bukan buat dia.

Sepatu itu untuk jadi hadiah buat seorang Satpam SMA 3 Bandung yang jadi teman baiknya. Karena suka mau dititipin sepeda dan rajin mengelapnya, katanya.

"Mungkin sudah rezeki si satpam yang Eril panggil Masbro untuk pake sepatu keren buatan Spanyol," tulis Ridwan Kamil yang mendapat sambutan antusias netizen agar terus menceritakan kebaikan Eril sebagai inspirasi. Bahkan, banyak yang meminta agar cerita itu dibukukan.

Emil sendiri, memulai hari pertamanya beraktivitas dengan mengantar wisuda anak keduanya Camillia Laetitia Azzahra atau yang akrab disapa Zara di SMAN 3 Bandung, Kamis (16/6). Emil datang bersama istrinya Atalia Praratya.

Emil pun, sedikit bernostalgia dengan menceritakan prestasinya yang pernah dilalui di SMAN 3 Bandung. Ia mengungkapkan bahwa dirinya sangat aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler.

Menurut Ridwan Kamil, hal itu juga diterapkan oleh almarhum Eril yang juga sebagai alumni SMAN 3 Kota Bandung.

"Saya alumni SMAN 3 masuk angkatan 88 lulus 90 saya juga sama seperti Eril, saya pengurus OSIS, saya rajin ke DKM dan saya masuk tim sepak bola Belitung Muda," katanya.

Menurut Emil, semua kenangan tentang Eril akan selalu diingat. Sejumlah perjalanan anaknya diharapkan menjadi pelajaran untuk para wisudawan di SMAN 3 Kota Bandung.

Emil juga meminta para wisudawan SMAN 3 Kota Bandung bisa bersaing dengan anak muda dari negara lain dengan menguasai beberapa indikator tertentu. Sedikitnya, ada empat poin yang dikatakannya bisa diterapkan wisudawan untuk bersaing di internasional.

"Fisik harus sehat, kalau badan kuat jangan ada lagi stuting. Setelah itu IQ harus cerdas, itu baru seperempat, ketiga adalah ahlak, rajin minta maaf dan berbagi. Terakhir spiritual, ini juga penting," paparnya. Arie Lukihardianti

Berita Terkait

Image

Pulang ke Indonesia, Pesan Atalia untuk Eril Menguras Air Mata: Mamah Titipkan ke Pemilikmu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image