Puluhan Taman di Kota Bandung Ini difasilitasi WiFi Gratis, Ini Cara Mengaksesnya

Wisata  
Taman yang dilengkapi wifi gratis di Kota Bandung
Taman yang dilengkapi wifi gratis di Kota Bandung

BANDUNG---Di hari libur ini, wargi Bandung bisa menikmati berwisata murah loh. Yakni, dengan datang ke taman yang ada di Kota Bandung, selain menikmati taman yang indah di 40 taman yang ada di Bandung dilengkapi wifi gratis yang bebas diakses.

Untuk mengadakan wifi gratis itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berkolaborasi dengan PT Bali Towerindo. Saat ini, fasilitas wifi sudah dapat digunakan di 21 taman. Sedangkan sisanya masih dalam proses pemasangan.

Cara menggunakannya, hubungkan ponsel ke jaringan molecool free wifi. Selanjutnya, download aplikasi molecool di ponsel. Lakukan registrasi lalu log-in di aplikasi. Sudah tahapan itu selesai, maka wifi gratis sudah dapat digunakan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengucapkan syukur atas hadirnya wifi gratis di taman Kota Bandung. Hal itu membuktikan bahwa kolaborasi menjadi nyata dalam menyejahterakan masyarakat.

"Alhamdulilah hari ini kita dapat dukungan lagi dari PT Bali Tower untuk melengkapi infrastruktur di ruang publik Kota Bandung berupa wifi gratis," katanya saat meresmikan wifi gratis di 40 taman Kota Bandung, di Taman Cikapayang, akhir pekan ini

"Saat ini ada 21 titik, bisa terus ditambah titik wifi-nya. Mudah-mudahan tidak ada blank spot di Kota Bandung," katanya.

Yana pun mengajak kepada masyarakat agar memanfaatkan fasilitas tersebut. Bisa digunakan untuk berbagai hal, khususnya dalam masa pandemi ini yaitu pemulihan ekonomi.

"Ini CSR, sepanjang Bali Tower-nya ada (kerja sama). Harus bagus jaringannya, jadi bisa cek, lemot atau tidak," kata Yana.

"Kapasitasnya 50 mbps. Siapapun boleh (ke sini) bebas," imbuhnya.

Yana mengatakan, tujuan penambahan infrastruktur ini salah satu upaya percepatan pemulihan ekonomi. Sehingga masyarakat bisa memanfaatlam fasilitas tersebut.

"Tujuannya setelah masuk fase endemi, tentunya kita lakukan percepatan pemulihan ekonomi, sosial hingga budaya. Mudah-mudahan ruang publik ini jadi ruang masyarakat bisa mengerjakan apapun seperti ide dan sebagainya," kata Yana.

Menurut Yana, hadirnya fasilitas free wifi ini menjadi indikator bahwa Kota Bandung bisa meroket dalam smart city.

"Ini salah satu indikator bisa tingkatkan smart city sebenarnya," kata Yana.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan A. Brilyana mengatakan, jaringan 5G membutuhkan fasilitas yang layak bagi masyarakat. Sehingga saat ini pemerintah terus berupaya menggeng pihak swasta untuk berkolaborasi.

"5G membutuhkan fasilitas. Tower itu bukan yang besar. Sekarang teknologi tower itu seperti antena kecil. Maka hitungan kita butuh 4.000-5.000 tower, sementara yang besar ada 1.500, " katanya.

Untuk itu, kata Yayan, Pemkot Bandung mendelegasikan kepada PT BII untuk menyiapkan fasilitas infrastruktur tersebut.

"Upayanya itu delegasikan ke PT BII, nanti PT BII yang akan mengadakan juga menyeiapkan fasilitas infrastruktur di Kota Bandung," katanya.

Yana berharap, wifi gratis di Kota Bandung terus berjalan, sehingga mendorong agar swasta untuk ikut serta berkolaborasi memasifkan hal yang serupa.

Yayan menargetkan 50 taman di Kota Bandung bisa terfasilitasi oleh wifi gratis.

"Kita targetkan sampai 50 taman, ini tinggal waktu saja karena tidak mudah (teknis) tarik kabel," katanya. Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image