Ulang Tahun Eril, Keluarga Ridwan Kamil Bagaikan 10 Ribu Sembako, Kunjungi Yatim Piatu Hingga Ziarah

Umum  
Keluarga Ridwan Kamil berziarah kubur
Keluarga Ridwan Kamil berziarah kubur

BANDUNG --Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, berulang tahun hari ini, Sabtu (25/6). Untuk mengenang almarhum Eril, Ridwan Kamil pun melakukan berbagai kegiatan. Yakni, dari mulai membagikan 10 ribu paket sembako, mengunjungi panti yatim piatu hingga berziarah ke makam almarhum Eril.

Kegiatan berbagi kebaikan dan keberkahan yang diberi nama GEBERKAHN itu dilakukan bersama anak yatim piatu.

Ridwan Kamil bersama istri, Atalia Praratya Kamil menyambangi Panti Asuhan Restu Ibu di Pameungpeuk, Kabupaten Bandung.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Hari ini, tanggal 25 Juni 2022 adalah hari kelahiran Eril, yang seharusnya 23 tahun di hari ini. Kami mengingatnya dengan membuat kegiatan seperti yang biasa Eril lakukan, yaitu berbagi," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat ditemui di Cimaung, Kabupaten Bandung, Sabtu (25/6).

"Pesan dari Ibu Atalia, berjuta doa datang dari berjuta kebaikan yang kita tanam selama kita di dunia," imbuhnya.

Dalam momentum hari berbagi kebaikan ini, Emil menyebutkan ada sekitar 10.000 paket sembako yang disebarkan oleh relawan anak-anak muda Jabar Bergerak Zillenial (JBZ) ke 18 kabupaten/kota di Jabar.

"Lebih dari 10.000 paket sembako disebarkan oleh banyak relawan anak-anak muda, kemudian teman-temannya menamai gerakan berbagi kebaikan ini sebagai GEBERKAHN. Kahn diambil dari nama tengah Eril, disingkat terjemahannya menjadi Gerakan Berbagi Kebaikan dan Keberkahan (GEBERKAHN)," papar Emil.

Menurut Emil, hari untuk berbagi kebaikan bisa datang kapan saja. Namun karena momentumnya di hari kelahiran Eril, maka untuk mengingatnya dilakukan melalui sebuah gerakan yang lebih masif dan terukur untuk berbagi kepada yang membutuhkan.

"Esensi hari berbagi kebaikan tak harus pakai hari-hari, mau Senin, Selasa, Rabu, Kamis, atau Jumat. Kapan saja kebaikan itu kewajiban manusia dimanapun," kata Emil.

"Kebetulan di hari ulang tahun Eril gerakannya di masifkan untuk mengingat, bahwa itulah benih-benih yang akan menjadi panen doa dan dorongan cinta dari masyarakat di akhir kepulangannya," paparnya.

Sebagai penutup kegiatan GEBERKAHN, Keluarga Ridwan Kamil melakukan ziarah ke makam Eril di Cimaung, Sabtu sore.

Emil juga mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh masyarakat yang terus mendoakan kepergian anak sulungnya.

"Hari ini di hari ulang tahun Eril kita akhiri dengan ziarah berdoa di makam Eril, dan saya ucapkan terima kasih sekali lagi kepada yang ikut berpartisipasi berbuat kebaikan dalam mengingat Eril, plus juga semua yang mendoakan terus datang ke makamnya, serta kepada semua pihak yang berpartisipasi di 27 kabupaten/ kota," papar Emil.

Di tempat yang sama, Atalia Praratya Kamil menuturkan, terselenggaranya kegiatan GEBERKAHN merupakan inisiasi anak-anak muda yang tergabung dalam Jabar Bergerak Zillenial (JBZ).

"Ini diinisiasi oleh anak muda untuk melakukan gerakan kebaikan. Jadi sebetulnya inspirasi Eril itu adalah menanamkan kebiasaan baik, khususnya kepada remaja," kata Atalia.

Anak-anak muda yang tergabung dalam JBZ tak hanya berasal dari 27 kabupaten/ kota di Jabar, melainkan juga ada beberapa mahasiswa dari luar Jabar yang berkuliah di Bandung.

"Dari kemarin mereka sampai malam menyiapkan ini. Saya kaget dan merinding, ini anak-anak muda hadir di Gedung Pakuan dari mana-mana, tak cuma dari kabupaten/ kota di Jawa Barat saja, melainkan juga ada dari UPI, ITB, maupun perguruan tinggi lainnya," katanya.

"Jadi gerakan berbagi kebaikan ini inspirasinya dimulai dari seorang Eril, yang semakin besar cakupannya, dan diharapkan menjadi sebuah kebaikan yang menjadi kebiasaan bagi anak-anak remaja ke depannya," imbuh Atalia.

Ridwan Kamil berziarah ke makam almarhum di Cimaung, Kabupaten Bandung, Sabtu (25/6/2022) sore.

Ziarah yang dilakukan oleh Ridwan Kamil bersama keluarga diiringi pula oleh masyarakat yang turut mendoakan. Pria yang akrab disapa Emil itu pun mempersilakan masyarakat yang ingin berziarah ke makam Eril untuk mendoakan.

"Kami tidak menutupi siapa pun yang ingin berziarah mendoakan karena pada dasarnya itu baik," kata Emil.

Selain masyarakat sekitar yang hadir, keluarga Emil juga mengundang para sahabat Eril dari SD-SMP-SMA, beserta guru-gurunya semasa sekolah.

"Kami juga mengundang sahabat-sahabat Eril dari SD-SMP-SMA, termasuk ibu gurunya juga hadir karena mereka pahlawan tanpa tanda jasa, dan guru itu orangtua saat di sekolah," katanya.

Kepada masyarakat yang hadir, ia juga mengungkapkan, bahwa Eril lahir pada hari Jumat, 25 Juni 1999. Nama yang disematkannya pun memiliki arti yang inspiratif bagi masyarakat luas.

"Hari ini jatuh pada tanggal 25 Juni di tahun 1999, pukul 11 malam, hari Jumat, lahir seorang hamba Allah yang kami beri nama Emmeril Kahn Mumtadz. Dari kasih sayang ibu mendoakannya menjadi pemimpin yang inspiratif. Alhamdulillah, nama yang kami berikan ternyata dijalankan oleh almarhum menjadi doa," papar Emil.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image