Hari Ini Ridwan Kamil dan Keluarga Haji Badalkan Eril, Ini yang Dilakukan Sebelum Pergi

Umum  
Keluarga Ridwan Kamil
Keluarga Ridwan Kamil

Gubernur Jabar Ridwan Kamil hari ini, dijadwalkan akan pergi ke tanah suci. Ridwan Kamil akan memimpin 17.000-an jemaah haji asal Jabar lainnya.

Selain itu, Ridwan Kamil pun akan berhaji atas nama almarhum anaknya Emmeril Khan Mumtaz atau Eril. Haji ini, disebut dengan membadalkan haji. Hal tersebut, diketahui dari unggahan instagram Ridwan Kamil.

"Besok (hari ini, red) Senin saya sebagai gubernur, akan pergi menunaikan tugas memimpin jemaah Haji Jawa Barat yang berjumlah 17.000-an jemaah. Doakan aman kondusif selama di sana," tulis Kang Emil di akun Instagramnya @ridwankamil, Ahad (3/7/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebelum pergi ke tanah suci, keluarga Ridwan Kamil pun berziarah dahulu ke makam Eril.

"Sekalian di momen ini, saya akan berhaji atas nama almarhum Emmeril Kahn Mumtadz. Karenanya, tadi pagi ziarah, pamit dan berdoa di makam Eril," katanya.

Pria yang akrab disapa Emil ini pun meminta doa kepada masyarakat agar diberi kelancaran guna melaksanakan ibadah yang menjadi rukun Islam kelima tersebut.

"Mohon doanya dari semua agar diberi kelancaran dan seluruh jemaah haji Jawa Barat dan Indonesia lancar dan sehat selamat kembali ke tanah air sebagai Haji mabrur dan Hajjah mabrurah. Aamiin," tulisnya.

Emil lalu mempersilahkan warganet untuk menitipkan doa yang akan didoakan saat berada di puncak ibadah haji di Padang Arafah dan di depan Kakbah.

"SIAPA yang mau menitipkan doa , silakan tulis di kolom komen. Jika Allah SWT izinkan dan beri kemudahan saya akan bantu doakan di Padang Arafah dan depan Kabah," katanya. Tentu saja, tawaran ini disambut antusias oleh warga net yang menitipkan berbagai doa.

Emil, tahun ini akan naik haji bersama keluarganya memenuhi undangan kerajaan Arab Saudi. Menurut Ridwan Kamil, ia dan keluarganya akan menunaikan ibadah haji awal Juli ini.

Emil akan menjadi Amirul Hajj untuk rombongan jemaah haji asal Jabar. Menurutnya, rencananya ia akan berangkat ke Saudi pada awal Juli nanti. Ia akan memimpin 17.000 jemaah haji Jabar.

"Saya kemungkinan akan jadi Amirul Hajj, berangkat memimpin haji Jabar yang jumlahnya ada 17.000 di awal Juli," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil di Gedung Sate, Rabu (22/6).

Keberadaan Amirul Hajj sendiri merupakan ketentuan yang diberlakukan Pemerintah Saudi kepada setiap negara yang mengirimkan jemaah haji.

Emil menjelaskan, menjadi Amirul Hajj merupakan rutinitas kedinasan yang harus dijalani. Namun untuk tahun ini biaya keberangkatannya ia berikan kepada pendamping haji yang belum pernah berangkat haji.

"Tadinya saya Amirul Hajj lewat dinas tapi saya ikhlaskan, saya kasih ke pendamping haji yang belum pernah berangkat haji," katanya.

Ternyata, menurut Emil, ia kan tetap menjadi Amirul Hajj Jabar namun seluruh biayanya kini ditanggung oleh Kerajaan Arab Saudi. Diketahui, Emil mendapatkan undangan khusus dari Kerajaan Arab Saudi sebagai tamu.

"Iya saya dapat rezeki, dikasih gantinya sama Kerajaan Arab Saudi, jadi tamu," katanya.

"Saya sebagai Gubernur akan menggunakan kesempatan ini sekalian mengunjungi jamaah selayaknya Amirul Hajj Jawa Barat," tambahnya.

Bahkan, istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya dan putrinya Camillia Laetitia Azzahra juga diundang Kerajaan Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

"Yang harusnya saya saja, kerajaan Saudi berbaik hati ngasih ke saya, istri sama Zara. Jadi kami pergi haji dengan keluarga dengan anggaran dari Kerajaan (Arab Saudi)," katanya.

Saat ditanya apakah Zara umurnya dibawah 18 tahun, Emil mengatakan sudah lewat 18 tahun.

Berita Terkait

Image

Pulang ke Indonesia, Pesan Atalia untuk Eril Menguras Air Mata: Mamah Titipkan ke Pemilikmu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image