Bek Timnas U-19 Ganti Posisi, Ini Tanggapan Pelatih Persib

Stadion  
Dok. PSSI
Dok. PSSI

BANDUNG -- Tim nasional U-19 tengah berjuang untuk lolos ke Piala AFF U-19. Namun ada yang berbeda dari pemain muda Persib Bandung, Kakang Rudianto di timnas U-19.

Kakang mendapatkan posisi baru di bawah arahan pelatih timnas, Shin Tae Yong sebagai bek sayap. Dimana posisi alami Kakang adalah bek tengah.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengakui semua bisa terjadi di usia Kakang yang masih sangat muda. Sehingga Kakang masih bisa berkembang termasuk mencoba berbagai posisi baru.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Sama seperti Asnawi Mangkualam di Makassar, karena sejatinya dia adalah seorang gelandang dan di timnas dia mulai digunakan sebagai bek kanan dan dia tumbuh sebagai bek kanan, situasi serupa dialami oleh Kakang,” kata Robert.

Hasil perubahan posisi Kakang pun tidak buruk. Kakang memberikan dua assist bagi timnas ketika mengalahkan Brunei Darussalam serta menjaga gawang tetap cleansheet saat tim menghadapi Thailand.

Robert mengakui seorang pemain tidak harus terus ada di satu posisi saja. Melainkan dengan beberapa posisi yang tentu saja dibutuhkan jika ada pemain yang absen.

“Pemain tidak bisa hanya bermain di satu possii saja. Memang ada tujuan dan hasilnya di timnas atau di liga,” kata Robert.

Robert pun mendukung perubahan posisi Kakang tersebut mengingat Kakang baru berusia 19 tahun. Untuk itu, Robert akan terus memantaunya jika akhirnya perubahan posisi itu bisa juga digunakan oleh Persib.

“Tapi saya rasa ini bagus untuk perkembangan Kakang karena dia masih muda dan kami akan memantaunya apakah dia bisa menunjukan level permainan yang sama ketika bersama tim ini,” kata Robert.

Berita Terkait

Image

Absen di TC Timnas U-23, Kemana Ricky Kambuaya?

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image