Rekomendasi Museum Akhir Pekan: Museum Kota Bandung

Wisata  

BANDUNG -- Akhir pekan selalu menjadi hari untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Salah satunya adalah dengan mengunjungi museum atau taman di Kota Bandung.

Salah satu rekomendasi wisata akhir pekan adalah Museum Kota Bandung. Museum yang diresmikan sejak 2018 ini terletak di Jalan Aceh, Kota Bandung.

Patokan dari museum ini adalah di dekat Kantor Wali Kota Bandung atau tepatnya di seberang Bandung Planning Gallery. Untuk masuk ke museum tidak dikenakan biaya alias gratis.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Museum Kota Bandung dibuka setiap hari kecuali hari Senin. Pengunjung bisa mengunjungi museum ini dari pukul 10 pagi hingga 5 sore.

Untuk mengunjungi museum ini disarankan menggunakan kendaraan roda dua, dikarenakan tempat parkir yang terbatas dan mengingat di belakang museum merupakan perkantoran. Pengunjung pun bisa menggunakan tempat parkir di depan Bandung Planning Gallery.

Pengunjung bisa menikmati berbagai display yang disediakan di museum. Mulai dari terbentuknya Kota Bandung, kejadian penting di sejarah, hingga timeline hingga tahun 1960-an.

Banyak spot foto yang bisa dipakai untuk berfoto. Apalagi gedung ini merupakan gedung yang direnovasi sama seperti ketika pertama kali dibangun, sehingga pengunjung bisa menikmati museum tanpa menggunakan AC karena tipe bangunan yang tinggi.

Di awal masuk, akan ada taman kecil yang berisi kutipan dari Presiden Republik Indonesia Pertama, Ir. Soekarno. Bertuliskan, "Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah- Ir. Soekarno."

Begitu masuk ke pintu, akan ada foto-foto Wali Kota Bandung sejak Kota Bandung terbentuk. Akan ada tiga ruangan sejajar yang digunakan untuk menampilkan display.

Perlu diingat bahwa akan ada aturan yang harus dipatuhi. Seperti tidak membawa makanan atau minuman, tidak menyentuh display hingga menjaga protokol kesehatan. Sayangnya, dalam museum ini tidak memiliki patung atau bukti asli sisa sejarah Kota Bandung.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image