Tidak Hanya Bermakna Air, ini Makna Suku Kata Ci- pada 6 Daerah di Bandung

Serba Serbi  

BANDUNG -- Kota Bandung identik dengan nama-nama daerahnya yang berawalan dengan suku kata Ci-. Ci- berasal dari kata cai atau dalam bahasa Indonesia disebut air.

Bandung memang tidak lepas dengan makna air. Bahkan nama Bandung sendiri memiliki makna bendungan atau penampungan air. Hal ini karena Bandung berbentuk cekungan seperti penampungan air.

Humas Kota Bandung pun memaparkan ada enam daerah yang memiliki awalan Ci- beserta maknanya. Menariknya, tidak semua awalan Ci- itu bermakna air.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Cikapundung

Siapa yang tidak kenal dengan Sungai Cikapundung, sungai terpanjang yang membelah Kota Bandung? Cikapundung berasal dari bahasa Sunda yaitu Ci dan Kapundung. Ci bermakna air dan kapundung adalah nama tanaman. Konon kapundung ini merupakan tanaman langka yang biasa dijumpai di aliran sungai.

2. Cihampelas

Nama yang berasal dari tanaman yang tumbuh di suatu daerah pun tak lepas dari makna Cihampelas. Ci bermakna air dan hampelas adalah sebuah tanaman yang memiliki daun sangat kasar seperti amplas. Sama seperti tanaman kapundung, tanaman hampelas pun tumbuh di aliran sungai Cihampelas.

3. Cinambo

Berbeda dari dua daerah yang memiliki makna tanaman, Cinambo memiliki makna air dan nambeu. Nambeu adalah bekas dasar sungai atau menggenang. Hal ini karena kondisi geografis Cinambo yang berada di daratan rendah Yang berasal dari aliran sungai kering.

Selain itu Cinambo pun disebut berasal dari kata Ci dan Numbu atau air yang menyambung. Hal ini karena Cinambo dikelilingi oleh empat sungai yakni Cilutung, Ciburuy, Cipager dan Ciwaru.

4. Cibiru

Sesuai namanya, Cibiru memiliki makna air biru. Namun biru ini bukan merupakan warna air bening, melainkan sebuah pohon yang jika dibelah akan mengeluarkan cairan berwarna biru. Tidak jelas apakah pohon tersebut ada atau tidak. Karena hingga saat ini belum ada yang bisa membuktikan kebenarannya.

5. Cipaganti

Pada masa kolonial, Ibu Kota Indonesia akan dipindahkan ke Kota Bandung. Bahkan sebuah daerah bernama Cipaganti pun telah disiapkan sebagai lingkungan pemukiman oleh masyarakat Belanda. Lalu apa maksud dari Cipaganti? Ci merupakan sumber air atau sebuah sumur yang ada di daerah tersebut. Kemudian paganti adalah makna dari kata penggantian yang dimaksudnya untuk memindahkan pusat pemerintahan.

6. Cijerah

Berbeda dari lima daerah lainnya yang memiliki makna air. Cijerah justru berasal dari nama orang. Adalah KH. Mama Cijerah, ulama yang disegani oleh masyarakat. Bahkan KH. Mama Cijerah memiliki tiga santri ternama yakni Ir. Soekarno dan KH. Aang dan Mama Sindang yabg mendirikan pesantren Al Jawami.

Berita Terkait

Image

9 Fakta Dibalik Ancaman Mogok Produsen Tahu Tempe di Bandung

Image

Ini Lokasi Tempat Isolasi Terpadu Covid 19 di Bandung, Persyaratan dan Jadwalnya

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image