Berjaya di Era Ridwan Kamil, Teras Cihampelas yang Mati Suri Kembali Diaktifkan

Wisata  
Kondisi Teras Cihampelas yang sempat terbengkalai
Kondisi Teras Cihampelas yang sempat terbengkalai

Di era kepemimpinan Ridwan Kamil sebagai Wali Kota Bandung, Teras Cihampelas dibangun. Saat itu, Teras Cihampelas ini menjadi salah satu icon obyek wisata di Kota Bandung.

Di Teras Cihampelas, warga tak hanya bisa nongkrong di taman yang terbuka. Tapi, bisa menikmati berbagai kuliner khas Kota Bandung seperti Batagor, Cuanki, Mie Kocok, Cakue dan lainnya.

Bagi wisatawan, Teras Cihampelas ini juga bisa memudahkan mereka mencari berbagai khas kerajianan atau oleh-oleh Kota Bandung. Jadi, tak heran kalau di masa kejayaannya Teras Cihampelas banyak dikunjungi. Sehingga untuk mengaksesnya, sering kali pengunjung kesulitan untuk mencari tempat parkir.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Teras Cihampelas sendiri, dibangun Ridwan Kamil sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan di kawasan Cihampelas. Jadi, semua PKL di kawasan Cihampelas dipindahkan berjualannya ke atas atau ke Teras Cihampelas.

Namun, beberapa tahun terakhir Teras Cihampelas menjadi sepi. Tak seperti di awal-awal saat diresmikan, pengunjung Teras Cihampelas semakin berkurang. Kondisinya semakin mati suri saat pandemi covid 19 selama dua tahun.

Oleh karena itu, menurut Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna reaktivasi Teras Cihampelas akan segera dilakukan.

Hal itu dilakukan usai memantau di beberapa titik Kota Bandung, salah satunya kawasan Teras Cihampelas, Jumat 9 September 2022.

“Minggu depan harus sudah ada lagi kegiatan. Secepatnya,” kata Ema.

Aktivasi kegiatan di Teras Cihampelas nantinya akan dibarengi kegiatan lainnya untuk mendorong kegiatan ekonomi di kawasan tersebut.

“Secara desain dan konsep saya pikir sudah disiapkan oleh Dinas KUKM (Koperasi dan Usaha Kecil Menengah) sebagai leading sector,” kara Ema.

Selanjutnya, kata Ema, akan ada perbaikan fasilitas di Teras Cihampelas. Misalnya fasilitas toilet untuk kebutuhan pengunjung area tersebut.

“Sudah dimintakan ke PDAM untuk mengaktivasi, tujuannya agar pengunjung yang berada di atas bisa memanfaatkan untuk kebutuhan (toilet),” katanya.

Untuk diketahui, ada sekitar 192 pedagang yang nantinya akan direlokasi untuk mengisi kawasan Teras Cihampelas.

Nantinya Pemkot Bandung akan berkoordinasi dengan para pedagang untuk mengaktivasi kawasan Teras Cihampelas yang juga dibarengi dengan berbagai aktivitas penunjang kegiatan transaksi ekonomi.

“Harus secepatnya, saya akan koordinasikan,” kata Ema.

Berita Terkait

Image

Pulang ke Indonesia, Pesan Atalia untuk Eril Menguras Air Mata: Mamah Titipkan ke Pemilikmu

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image