Adu kekuatan Persib vs Persija, Ini Faktanya

Stadion  
Pemain Persib, Febri Hariyadi dan Beckham Putra Nugraha. Dok. Persib
Pemain Persib, Febri Hariyadi dan Beckham Putra Nugraha. Dok. Persib

BANDUNG -- Persib Bandung akan menghadapi Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar pada Selasa (1/3/2022). Dalam laga ini, rivalitas suporter kedua tim telah memanas.

Kedua tim memiliki keuggulan masing-masing yang membuat laga ini tidak dapat diprediksi. Baik dari posisi klasemen, skuad yang siap bertanding, rekor see pertemuan tim, serta lima pertandingan masing-masing tim.

1. Klasemen

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Secara klasemen, Persib saat ini berada di posisi tiga klasemen sementara dengan raihan 54 poin. Sementara Persija, ada di posisi tujuh dengan raihan 38 poin.

Sejak awal musim, Persib konsisten berada di puncak klasemen meski seringkali memiliki hasil minor dengan lawan-lawan tertentu. Sementara itu Persija masih kesulitan untuk tembus ke papan atas meski seringkali memenangkan laga bigmatch, termasuk menaklukan Persib di putaran pertama lalu.

2. Skuad

Dalam laga ini, Persib memiliki keunggulan dengan lengkapnya skuad yang dimilikinya. Pemain yang sempat absen akibat sanksi akumulasi kartu seperti Marc Klok, Bruno Cantanhede dan Victor Igbonefo bisa memperkuat tim. Sayangnya, Beckham Putra Nugraha masih absen karena terpapar Covid-19.

Sementara di kubu Persija, sang macan kemayoran hanya kehilangan Alfriyanto Nico yang absen karena akumulasi kartu kuning. Kabar baiknya, sang pelatih, Sudirman yang absen lama karena terpapar Covid-19 hingga dibawa ke rumah sakit, sudah bisa memimpin tim untuk menghadapi Persib.

3. Rekor pertemuan

Sejak Liga 1 kembali bergulir pada 2017 lalu, Persija mendominasi tren positif dari Persib. Dimana dari tujuh pertandingan, Persija menang tiga kali, hasil imbang dua kali dan kalah dua kali.

Pada masa pramusim 2021 lalu, Persija menaklukan Persib pada final Piala Menpora 2021. Di putaran pertama, Persija pun menaklukan Persib dari gol tunggal Marco Simic.

4. Lima pertandingan terakhir di liga

Persib Bandung yang memiliki laga tunda terpaksa bermain di tengah padatnya jadwal kompetisi. Hal ini mempengaruhi hasil di lima pertandingan terakhir Persib dimana Persib meraih dua kali hasil imbang dan tiga kali kemenangan.

Namun Persija belum menemukan konsistensi di lima pertandingan terakhir mereka. Sejak Sudirman terpapar Covid-19 pada Februari lalu, Persija baru menang satu kali dan tiga kali hasil seri. Bahkan pada akhir Januari, tim dikalahkan oleh Persiraja Banda Aceh, tim yang saat itu baru memetik kemenangan perdana di putaran dua.

5. Adu gengsi antar mantan

Meski rivalitas kedua tim sangat besar, namun Persib dan Persija tak jarang berbagi pemain. Tak sedikit pemain yang pernah berseragam biru maupun oranye. Sebut saja Atep, Toni Sucipto, Imran Nahumarury, , Charis Yunus dan Budiman Yunus.

Dalam laga ini, mantan pemain Persija, Marc Klok akan bertemu dengan mantan pemain Persib, Makan Konate. Sama-sama memiliki inisial MK, kedua pemain ini baru akan bertemu karena Konate baru bergabung dengan Persija pada paruh musim lalu.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image