Perguruan Tinggi di Jabar Banyak yang akan Buka Prodi Kedokteran, Ini Daftarnya

Umum  
Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dengan Rektor IPB Prof. Dr. Arif Satria, M.Si. menandatangani nota kesepahaman/Humas Unpad
Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dengan Rektor IPB Prof. Dr. Arif Satria, M.Si. menandatangani nota kesepahaman/Humas Unpad

BANDUNG---Perguruan tinggi di Jabar banyak yang berencana untuk membuka program study (Prodi) Kedokteran. Mereka, berbondong-bondong meminta pendampingan pada Universitas Padjadjaran (Unpad).

Menurut Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti, selain Institut Pertanian Bogor (IPB), beberapa perguruan tinggi meminta pendampingan pada Unpad. Yaitu, UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Katolik Parahyangan, Presiden University, hingga Telkom University.

IPB sendiri, sudah lebih dahulu menjalin kerja sama dengan Unpad. Pada kerja sama itu, Unpad melakukan pendampingan untuk pendirian program studi Pendidikan Dokter di IPB.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dengan Rektor IPB Prof. Dr. Arif Satria, M.Si., di ruang Executive Lounge Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, belum lama ini.

Menurut Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti, Unpad menyambut gembira rencana pendampingan untuk pendirian prodi Pendidikan Dokter di IPB.

“Tentu kami sesama PTN pasti mendukung. MoU ini semacam formalitas tentang kerja sama yang akan dilakukan Unpad dengan IPB,” ujar Rina dalam siaran persnya, Senin (28/2).

Mengenai rencana pendirian prodi Pendidikan Dokter, Rektor mengatakan, Unpad melalui Fakultas Kedokteran juga tengah melakukan pendampingan serupa terhadap perguruan tinggi lainnya di Jawa Barat. Hal ini menandakan bahwa kebutuhan dokter terus meningkat. Di sisi lain, aktivitas riset di bidang kedokteran juga terus berkembang pesat.

Rina mengatakan, penandatanganan Nota Kesepahaman ini diharapkan tidak hanya mengenai pendampingan pendirian prodi saja. Di luar itu, ada banyak aspek yang bisa dijalin kerja sama, salah satunya di bidang penguatan agrokompleks.

Sementara Prof Arif mengatakan, pendirian prodi Pendidikan Dokter merupakan upaya untuk mengukuhkan apa yang sudah dilakukan IPB. Selama ini, IPB telah melaksanakan berbagai kajian dan riset yang mengarah ke bidang medis.

“Saat ini IPB datang ke Unpad untuk berkolaborasi. Mohon dukungan berkaitan dengan rencana pengembangan Fakultas Kedokteran,” katanya.

Saat ini, konsep satu kesehatan (one health) menjadi satu konsep baru dalam mewujudkan aspek keamanan kesehatan secara global. Melalui konsep ini, aspek kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Prof Arif mengatakan, dengan konsep one health, maka ke depan kedokteran itu akan semakin kompetitif IPB telah memiliki Fakultas Kedokteran Hewan. Rencana pendirian prodi Pendidikan Dokter diharapkan dapat melengkapi pendidikan kedokteran hewan yang selama ini sudah berjalan.

Upaya ini senada dengan apa yang telah dilakukan Unpad. Unpad sendiri telah mendirikan prodi Pendidikan Dokter Hewan di FK. Upaya ini akan mendorong perkembangan pendidikan kedokteran akan lebih kompetitif jika dibandingkan dengan satu bidang pendidikan saja. N Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image