Hanya di Jabar, Gubernur Jadi Aktor dan Aktor Jadi Wakil Gubernur

Bandung Pisan  
Gubernur Jabar Ridwan Kamil berperan di Ikatan Cinta/twitter
Gubernur Jabar Ridwan Kamil berperan di Ikatan Cinta/twitter

Ridwan Kamil belum lama ini sempat bikin heboh emak-emak penggemar sinetron Ikatan Cinta. Karena, tanpa disangka-sangka Ridwan Kamil muncul beradegan di sinetron fenomenal di Indonesia Ikatan Cinta.

Diceritakan di Ikatan Cinta, Ridwan Kamil datang ke Kantor Aldebaran untuk membicarakan masalah bisnis.

Walaupun hanya beberapa menit beradegan, tapi kehadiran Ridwan Kamil memperoleh sambutan positif dari netizen yang berkomentar di twitter Relawan RK.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

@Dewi An "Mak, @ridwan kamil masuk tipi Mak," cuitnya.

Ternyata, berakting di sinetron atau film, bukan lah yang pertama kali dilakukan Ridwan Kamil. Ia sering tampil sebagai kameo dibeberapa film.

Ridwan Kamil pun pernah beperan memerankan beberapa tokoh. Walaupun, lebih banyak ia berperan sebagai dirinya sendiri yakni Ridwan Kamil.

Selain di Ikatan Cinta, Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun pernah bermain film di beberapa film Indonesia, khususnya yang syuting di Bandung. Di film Dilan pertama maupun kedua bahkan Ridwan Kamil sempat berperan juga.

Pemimpin Provinsi Jabar, memang unik. Karena, ada gubenur yang menjadi aktor dadakan bermain film serta sinetron. Tak tanggung-tanggung, judul film yang sudah diperankannya mencapai belasan.

Tapi, disisi lain Provinsi Jabar pernah punya pemimpin yang berprofesi sebagai aktor handal. Yakni, aktor senior Deddy Mizwar dan Dede Yusuf. Keduanya, sama-sama mendampingi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sebagai Wakil Gubernur.

Deddy Mizwar, sebelum menjadi Wagub Jabar memulai kariernya di dunia akting sejak usia 19 tahun, Deddy memulai debutnya dalam film Gaun Pengantin (1974). Perannya dalam film Naga Bonar yang dirilis tahun 1987, meroketkan nama Deddy di dunia film Indonesia.

Dalam film tersebut, Deddy berperan sebagai Jenderal Naga Bonar. Film ini kemudian dibuatkan sekuel Nagabonar Jadi 2 pada tahun 2007.

Kariernya Deddy, dalam dunia sinematografi semakin melesat. Penghargaan demi penghargaan terus diraihnya sebagai bukti keberadaannya dalam bidang yang digelutinya tersebut. Terbukti dengan diraihnya 4 Piala Citra sekaligus dalam Festival Film Indonesia 1986 dan 1987.

Pada 2012 Deddy memutuskan terjun ke dalam dunia politik, mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat dalam Pilkada Jabar 2013, mendampingi gubernur Ahmad Heryawan.

Deddy Mizwar resmi menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 pada tanggal 13 Juni 2013.

Sedangkan Dede Yusuf, film pertamanya dibuat pada 1986 dengan sebagai peran pembantu di film Catatan Si Boy besutan sutradara Nasri Cheppy.

Setelah itu, Dede semakin sering bermain film dan (juga) serial televisi. Serial televisi yang melambungkan namanya adalah Jendela Rumah Kita di TVRI dengan peran sebagai Jojo yang mampu bertahan selama 4 tahun (1989–1992).

Dede pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat berpasangan dengan Ahmad Heryawan saat pria yang akrab disapa Aher itu menjabat di periode pertama sebagai Gubernur Jabar.

Memang, sebuah kebetulan yang unik dan mungkin hanya terjadi di Jabar. Provinsi ini, memiliki pemimpin yang punya multi talenta. Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image