Sulit Tidur? Coba Ganti Tirai Kamar Jadi Roller Blind

Info Terkini  
Tirai roller blind. Dok. Pixabay
Tirai roller blind. Dok. Pixabay

BANDUNG -- Kualitas tidur tentu mempengaruhi kondisi saat siang hari. Dengan tidur cukup, baik pikiran dan tubuh bisa bekerja sama untuk menjalani hari dengan baik.

Namun kualitas tidur seringkali terganggu dengan cahaya yang muncul dibalik tirai kamar. Hal itu justru mempengaruhi tubuh untuk mengetahui waktu tidur.

"Salah satu pengaruh besar dalam tidur adalah cahaya dan kegelapan," kata ahli tidur, Rosey Davidson dilansir dari laman Metro.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Davidson, jam biologis tubuh manusia dipengaruhi langsung oleh cahaya matahari dan kegelapan malam. Salah satu hormon yang mengatur jam biologis manusia termasuk waktu tidur adalah melatonin yang bekerja dua jam sebelum waktu tidur.

"Jika lampu tidak mulai dimatikan, proses pembentukan hormon akan tertunda," kata Davidson.

Tirai roller blind pun bisa menjadi alternatif bagi kamar untuk bisa menutup cahaya dari luar. Berbeda dari tirai biasa, roller blind bisa sepenuhnya menutup cahaya agar tidak tembus ke kamar.

"Sebagian dari kita tentu memiliki sensitivitas lebih terhadap cahaya dan itu membuat sebagian orang kesulitan untuk tidur. Maka membuat kamar benar-benar gelap bisa sangat membantu," kata Davidson.

Menurutnya, kegelapan tidak hanya membantu mengeluarkan hormon melatonin. Tapi juga untuk membuat nyaman tubuh agar tidak terganggu cahaya dari luar.

"Memiliki tirai roller blind pun bisa membantu bagi kaum urban yang tinggal di kawasan perkotaan. Dimana cahaya tentu akan selalu menyala selama 24 jam penuh," kata Davidson.

Tidak hanya untuk tidur malam, tirai roller blind bisa membantu anak untuk tidur siang. Tirai tersebut pun bisa membantu orang untuk tetap tidur sepanjang malam.

"Jika kita terbangun saat malam hari, kita harus menjaga kamar tetap gelap untuk menjaga tidur malam kita. Hal ini karena cahaya mempengaruhi otak untuk mengingatkan waktu bangun," kata Davidson.

Hal ini pun berlaku bagi anak-anak dan bayi yang seringkali terbangun tengah malam dan kesulitan lagi untuk tertidur. Menurutnya, tirai roller blind bisa membantu orang tua untuk menyusun waktu bangun dan tidur bagi anak.

"Ketika matahari terbit di pagi hari maka otak kita akan memberi sinyal untuk bangun dan memulai hari. Untuk anak-anak yang bangun sebelum waktu yang kita inginkan, roller blind akan sangat membantu menjaga kamar tetap gelap," kata Davidson.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image