Preview Timnas Indonesia U-23 Kontra Myanmar U-23: Penentuan di Laga Terakhir

Stadion  
Timnas Indonesia. Dok. PSSI
Timnas Indonesia. Dok. PSSI

Preview Timnas Indonesia U-23 Kontra Myanmar U-23: Penentuan di Laga Terakhir

HANOI -- Babak penyisihan Grup A cabang olahraga SEA Games telah mencapai laga terakhir. Kali ini tim nasional Indonesia U-23 akan bertemu dengan Myanmar U-23 di Stadion Viet Tri, Ahad (15/5/2022).

Meski laga ini menjadi penentuan bagi timnas Indonesia, namun tetap saja nasib ditentukan oleh laga lainnya di Grup A. Dimana Vietnam akan bertemu dengan Timor Leste.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Secara hitung-hitungan memang akan sangat sulit bagi Indonesia untuk lolos ke babak berikutnya. Persaingan ketat Indonesia dengan Myanmar dan Vietnam membuat segalanya masih bisa memungkinkan.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae Yong mengakui tren positif timnya harus bisa dipertahankan. Baginya, dua kemenangan sebelumnya atas Timor Leste dan Filipina tidak akan membuyarkan tekad Indonesia untuk taklluk dari Myanmar.

"Pemain telah bekerja keras pada pertandingan ini. Selanjutnya kami fokus melawan Myanmar. Kami tentu ingin meraih kemenangan dan lolos semifinal," kata Shin dalam laman resmi PSSI.

Secara hitungan di atas kertas, Indonesia bisa lolos hanya dengan hasil seri saja. Itu pun dengan catatan Indonesia masih unggul selisih gol atas Myanmar. Untuk itu, satu-satunya cara untuk lolos dengan mulus adalah menaklukan Myanmar.

Untuk mendapatkan target tersebut, Shin mengandalkan kolektivitas tim. Baginya, pemain harus bisa tetap bekerja sama baik bertahan ataupun menyerang.

"Permainan sepak bola yang saya inginkan memang mengandalkan semua pemain, jadi tidak harus mengandalakn penyerang untuk mencetak gol. Bek pun tidak hanya bertahan dan striker menyerang saja. Semua posisi bisa mencetak gol," kata Shin.

Sementara itu, Myanmar justru mengalami kekalahan perdananya atas tim tuan rumah Vietnam. Skor 0-1 atas kekalahan Myanmar membuat tim asuhan Veliza Popov ini pun segera mengevaluasi timnya jelang menghadapi Indonesia.

"Saya tidak khawatir dengan lawan seperti apapun. Indonesia adalah tim yang kuat dan saya menyukai cara mereka bermain," kata Popov dalam laman Web The Thao.

Meski wajib menang atas Indonesia, Myanmar tetap optimis untuk meraih target tersebut. Dia menyebut laga ini menjadi pengalaman yang baik bagi para pemainnya.

"Kami harus memenangkan laga ini untuk bisa lolos ke semifinal. Ini akan jadi pengalaman yang bagus bagi para pemain saya," kata Popov.

Berita Terkait

Image

Absen di TC Timnas U-23, Kemana Ricky Kambuaya?

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image