Pulihkan Konstipasi dengan Cara Ini

Gaya Hidup  
Konstipasi. Dok. Pixabay
Konstipasi. Dok. Pixabay

BANDUNG -- Musim liburan akan segera tiba setelah pandemi Covid-19 mulai mereda. Dengan diizinkannya mudik setelah dua tahun tertahan di rumah, tentu akan sangat tidak menyenangkan jika memiliki gangguan kesehatan.

Beberapa orang biasnaya mengalami konstipasi ketika bepergian karena merasa kurang nyaman atau asing dengan toilet umum. Kurangnya asupan serat pun membuat orang merasa sangat tidak nyaman karena membuat perut menjadi begah.

Dilansir dari laman Huffpost, berikut empat asupan yang bisa menjadi pilihan untuk menghindari konstipasi di perjalanan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Banyak minum air putih

Founder Happy Belly Nutrition, Selva Wohlgemuth menyarankan untuk minum air putih dengan lemon pada pagi hari. Sarapan seimbang pun harus dibiasakan sebelum bepergian jauh.

Memulai perjalanan dengan banyak minum adalah hal yang penting. Karena kita seringkali lupa untuk minum meski hal tersebut dapat mempengaruhi sistem pencernaan selama di perjalanan.

2. Konsumsi multivitamin

Ahli gizi Sarah Greenfield memiliki kebiasaan suntik vitamin untuk meningkatkan daya tubuhnya. Tentu akan lebih mudah untuk membawa suplemen, mutlivitamin, probiotik, dan lainnya untuk dibawa dalam perjalanan.

Probiotik dan vitamin D nyatanya bisa membantu mengurangi begah dan menjaga sistem pencernaan.

3. Hindari minuman berkarbonasi dan makanan tinggi gula

Greenfield mengklaim bahwa minuman berkarbonasi dan makanan tinggi gula dapat menyebabkan perut menjadi lebih begah. Terdapat pula makanan lain yang membuat tubuh sulit mencernanya.

Para ahli menyarankan untuk menjaga asupan makanan seimbang dan konsimsi makanan bergizi.

4. Perhatikan waktu makan

Orang-orang serinkali bepergian jauh hingga ada perbedaan waktu signifikan. Greenfield menyarankan untuk makan sesuai dengan waktu yang berlaku di negara tersebut. Mengganti waktu makan nyatanya bisa membuat tubuh beradaptasi dengan sistem pencernaan, termasuk berubahnya jam makan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image