Jurnalis Ini Tuntut Netflix Atas Serial Inventing Anna

Serba Serbi  
Dok. Netflix
Dok. Netflix

NEW YORK -- Mantan jurnalis Vanity Fair, Rachel DeLoache Williams mengajukan gugatan atas pencemaran nama baik pada Netflix. Namanya digunakan dalam serial Inventing Anna.

Jurnalis ini mengajukan gugatan karena dia digambarkan sebagai seseorang yang rakus, sombong dan tidak setia dari serial tersebut. Gugatan pun telah dimasukkan pada 29 Agustus lalu.

Dalam serial itu, Williams adalah teman dari Anna Sorokin, seorang penipu yang berpura-pura menjadi Anna Delvey. Williams ditipu 62 ribu dolar Amerika dan menulis artikel di Vanity Vair dan buku tentang pengalaman penipuan yang dilakukan Sorokin itu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Serial Netflix itu pun diadaptasi langsung dari artikel majalah New York tentang penipuan yang dilakukan oleh Sorokin. Williams sebelumnya telah mencurigai keraguannya atas eksibisi itu.

Dalam gugatannya, Williams menuntut pengadilan federal Delaware atas serial yang membuat pernyataan fitnah padanya. Pengacara Williams, Alexander Rufus-Isaacs, menyebut Williams mendapatkan respon negatif di internet.

"Jika anda ingin mengambil karakter dari orang sungguhan dan menjadikannya sebagai penjahat, jangan gunakan nama asli mereka," kata Rufus-Isaacs dari laman Variety.

Williams digambarkan sebagai orang yang merayu Sorokin, meninggalkannya di Maroko, menyelamatkan diri sendiri setelah menjebak penangkapan Sorokin dan perilaku hina lainnya. Hal ini tidak seperti apa yang dilakukan Williams selama periode waktu penipuan yang dilakukan Sorokin pada 2013-2017 silam.

"Saya berharap pihak kreatif akan memahami itu, jika mereka ingin membuat karakter yang tidak menyenangkan, mereka tidak dapat menggunakan nama asli kecuali semua yang dilakukannya benar-benar valid," kata Rufus-Isaacs.

Netflix sendiri belum memberikan tanggapan atas gugatan tersebut. Sebelumnya, buku Williams dipilih oleh HBO hingga akhirnya proyek terhenti dan dirilis oleh Netflix.

Gugatan tersebut pun merujuk pada berbagai lipuptan media dan kolumnis yang melihat penggambaran Williams dalam Inventing Anna seperti memberinya kebencian. Sebelumnya, Williams telah mengeluhkan Netflix dan produser Shonda Rhimes karena mencoba berada di antara fakta dan fiksi.

"Saya pikir itu jadi ruang yang sangat berbahaya, ini adalah narasi yang nyaman untuk dipresentasikan pada orang, tapi ketika anda melakukan itu, anda menyadari bahwa anda tidak mencari kebenaran," kata Williams pada Vanity Fair Februari silam.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image