20 Tahun Berkarya, Epik High Hadir dengan Album Baru

Korea  
Epik High kembali hadir dengan album baru. Dok. Twitter
Epik High kembali hadir dengan album baru. Dok. Twitter

SEOUL -- Grup trio hip-hop asal Korea Selatan, Epik High kembali merilis album anyar pada Senin (14/2/2022). Dengan tajuk 'Epik High Is Here 下 (Part 2)', album ini menandakan 20 tahun karir mereka di dunia musik.

"Masih banyak yang ingin kami sampaikan dan kami seperti tidak bisa melakukan itu hanya dengan satu album," kata Tablo, leader Epik High seperti dilansir dari laman Vanity Fair.

Album ini merupakan lanjutan dari album yang dirilis pada Januari 2021 lalu, 'Epik High Is Here 上 (Part 1)' yang kala itu menduduki top 10 Album Debut Spotify. Satu tahun kemudian, Epik High meluncurkan album berikutnya yang berisi tentanng lanjutan album tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kami berada di situasi dimana seluruh dunia berada di bawah karantina ketika album bagian pertama dirilis, jadi kami tahu ini akan jadi masa yang sulit dalam periode waktu yang lama bagi semua orang," kata Tablo.

Dalam album ini, Epik High memberikan nuansa penuh genre. Dari mulai hip-hop, pop, indie rock, dan lainnya tanpa menghilangkan ciri khas Epik High itu sendiri. Epik High pun memberikan rasa emosional yang dimiliki oleh semua orang di masa pandemi ini.

"Pada tahun 2022 ini siapa yang tidak merasa kebingungan, marah, atau kehilangan? Tidak ada, kami ingin album ini memberikan sesuatu yang tumbuh di pikiran orang-orang selama masa sulit ini," kata Tablo.

Sampul album Epik High Is Here下 (Part 2). Dok. Twitter
Sampul album Epik High Is Here下 (Part 2). Dok. Twitter

Album ini berisi 12 lagu dengan tittle track Gray So Gray dengan berkolaborasi bersama soloist asal Korea Selatan, Younha. Selain Younha, Epik High turut menggaet Lee Hi, Wonstein, pH-1, Kim Feel, Colde, GIRIBOY, Sik-K, dan JUSTTHIS.

Tidak hanya bersama musisi lain, Epik High turut berkolaborasi dengan ilustrator sekaligus motion designer asal Indonesia yang tinggal di Singapura, Ardhira Putra. Ardhira berpartisipasi untuk video musik 'Super Rare (feat Wonstein, pH-1).

Menandai 20 tahun berkarir di dunia musik, Tablo mengakui tidak pernah terpikir untuk pensiun. Menurutnya, Epik High kini sudah lebih dari sekedar pekerjaan bukan hanya bagi Tablo, tapi juga anggota Epik High lain, Mithra Jin dan DJ Tukutz.

"Saya pikir tidak ada opsi bagi kami untuk pensiun. Kamu hanya bisa pensiun dari pekerjaan, dan setelah 20 tahun bergelut dengan Epik High, kami tidak bisa mengatakan ini sebagai pekerjaan lagi, ini lebih dari sekedar pekerjaan. Epik High, ini adalah bagian dari hidup kami sekarang dan kami tidak bisa pensiun dari hidup kami," kata Tablo.

Tablo turut memberikan tips untuk menikmati album terbarunya dengan meneruskan album sebelumnya. Dimana setiap akhir lagu, baik nada maupun lirik, dalam album akan dilanjutkan di lagu berikutnya. Seperti lagu terakhir di album part pertama, Wish You Were, yang kemudian dilanjutkan oleh lagu pertama di album part kedua, Here. Wish You Were Here.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image