7 Ikhtiar Kota Bandung Menuju Era Endemi

Bandung Pisan  
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat berdialog memperkuat imun masyarakat/Humas Pemkot Bandung
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat berdialog memperkuat imun masyarakat/Humas Pemkot Bandung

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung gencar terus berupaya mengubah kondisi pandemi covid-19 menjadi era endemi. Salah satu upayanya dengan mengakselerasi vaksinasi.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Wali Yana Mulyana, salah satu yang dilakukan adalah dengan percepatan vaksinasi, herd immunity (kekebalan kelompok) akan terbentuk.

Berikut upaya Pemkot Bandung untuk mengubah Pandemi Covid 19 jadi Endemi:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Selain disiplin prokes seperti jaga jarak dan bermasker, salah satu upayanya juga dengan vaksinasi karena dengan ini bisa membentuk herd imuniti .

2. Sampai saat ini, sudah 15 persen masyarakat di Bandung melakukan vaksinasi booster atau dosis 3. Sedangkan untuk vaksinasi dosis 1 sudah mencapai 112 persen dan dosis 2 telah menyentuh angka 100 persen.

"Ini salah satu ikhtiar kita juga. Pemerintah pusat sudah menyampaikan, tadinya jarak dari dosis 2 ke dosis 3 itu harus 6 bulan. Tapi, sekarang sudah jadi 3 bulan," kata Yana.

3. Jika nantinya pandemi ini bisa berubah menjadi endemi, maka relaksasi (pelonggaran) aktivitas akan kembali dilakukan. Masyarakat bisa beraktivitas dengan normal seperti dulu lagi.

4. Meskipun di negara-negara luar sudah banyak yang tidak mewajibkan masker. Tapi, tentunya kita tetap harus hati-hati. Sebab, penularannya itu lewat penyebaran droplet. salah satu cara untuk kita bisa hindari dengan penggunaan masker.

5. Selain disiplin prokes dan percepatan vaksinasi, Yana mengimbau, masyarakat juga perlu menggunakan apliasi Peduli Lindungi. Dengan aplikasi ini, kondisi warga bisa lebih mudah terdeteksi.

"Karena dengan kita menggunakan peduli lindungi, kita jadi tahu kondisi orang yang datang, bisa terlihat dari statusnya. Apakah hijau, kuning, merah, atau bahkan hitam," katanya.

6. Dari informasi terbaru, kasus aktif covid-19 Bandung masih tinggi. Data dari covid19.bandung.go.id, penambahan kasus aktif per Kamis, 3 Maret 2022 mencapai 1.300 orang.

7. Penting sekali untuk menaati prokes, kurangi kegiatan yang menimbulkan potensi kerumunan. Yana mengaku, sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat. Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image