Ingin Kuliah di Inggris? Program Sekolah Musim Panas Ini Bisa Jadi Pilihan

Umum  
University of Leeds
University of Leeds

BANDUNG---Berkuliah ke luar negeri, mungkin mimpi setiap orang. Apalagi, kalau berkuliahnya di negara maju seperti Inggris.

Salah satu universitas ternama di Inggris adalah University of Leeds yang merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi terbesar di Inggris yang berdiri sejak tahun 1904 silam.

Ternyata, semua masyarakat Indonesia sekarang bisa merasakan berkuliah di universitas ini. Yakni, di The Leeds International Summer School (LISS) yang menawarkan kesempatan untuk belajar di University of Leeds dan mendapatkan wawasan tentang budaya Inggris sebagai bagian dari program jangka pendek yang menarik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Program sekolah musim panas berikutnya, akan berlangsung dari 2 hingga 16 Juli dan 17 hingga 30 Juli.

Semua yang mengikuti program ini, bisa merasakan kota Leeds yang semarak dan ramah mahasiswa serta jelajahi kekayaan sejarah, budaya, dan keindahan alam daerah tersebut.

LISS ini, menggabungkan biaya kuliah kelas dunia dengan karyawisata akademik. Serta, mencakup kegiatan sosial dan wisata budaya. Serta, memilih modul yang tepat untuk dipelajari. Tak hanya itu saja, semunya dapat mencampur dan mencocokkan modul atau berspesialisasi dalam bidang subjek tertentu.

Ada berbagai macam modul untuk dipilih, mulai dari Arts and Humanities sampai Science and Engineering. Semuanya, akan menghabiskan banyak waktu di luar kelas juga melalui pengalaman belajar dan mengajukan perjalanan.

Pembelajaran langsungnya, akan memberikan semua peserta wawasan tentang budaya, sejarah, dan masyarakat Inggris. Setidaknya akan ada satu kunjungan lapangan atau field trip untuk mendukung apa yang telah kamu pelajari di kelas. Destinasinya sendiri, seperti Castle Howard di York, BBC di MediaCity, UK, Bronte Parsonage di Haworth, kota Manchester, dan Liverpool.

Di Indonesia, University of Leeds diwakili secara resmi oleh IBEC (Indonesia-Britain Education Centre) yang telah berdiri sejak 1998 Calon mahasiswa bisa berkonsultasi langsung dengan menghubungi IBEC.

Menurut salah satu mahasiswa yang mengikuti program Leeds International Summer School (LISS) yang juga mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Denise Adiwianto, Belajar di luar negeri di Leeds benar-benar merupakan pengalaman sekali seumur hidup.

"Saya mendapat banyak teman baru yang datang dari seluruh dunia. Leeds adalah tempat yang sempurna untuk belajar dan mengunjungi dengan banyak museum, galeri, dan tempat makan untuk dijelajahi,” katanya.

Denise mengatakan, modul-modul yang dipelajari pun sangat menarik. Bahkan, para lecturenya pun sangat membantunya. Sehingga ia jadi semangat.

Denise, belajar Electronic Music dan juga Entrepreneurship and Society. Salah satu kunjungan lapangan atau field trip favoritnya adalah saat mengunjungi Valley Wood Music Studio di Leeds Utara.

"Kami bertemu dengan seorang produser musik yang juga seorang musisi dan dia berbagi pengalamannya dalam merekam musik. Saya juga mendapat kesempatan untuk melakukan rekaman pendek menggunakan grand piano klasik Welmar,” katanya.

Menurutnya, menempuh pendidikan sementara di luar negeri membuat Denise belajar banyak hal. Yakni, mulai dari harus hidup mandiri, time management, dan bagaimana bekerja secara efektif dalam tim multikultural.

“Belajar di luar negeri memberi saya perspektif baru tentang kehidupan dan budaya lain di sekitar saya," katanya. Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image