Terungkap! Ridwan Kamil Buat Program Ini Terinspirasi Gus Yahya

Agama  
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil/Humas Jabar
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil/Humas Jabar

BANDUNG----Pemprov Jabar, banyak membuat berbagai program keislaman. Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, salah satu program unggulan Jabar adalah English for Ulama.

Hal tersebut, diungkapkan Ridwan Kamil saat menghadiri peringatan Harlah Nahdlatul Ulama ke-99 yang diselenggarakan di Sutan Raja Hotel and Convention Centre Soreang, Kabupaten Bandung, bersama Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf yang akrab disapa Gus Yahya.

Ridwan Kamil menjelaskan, tentang Program English for Ulama yang terinspirasi dari Gus Yahya yang rajin berdiplomasi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Saya pernah ditanya sewaktu menjadi Wali Kota Bandung, di Amerika itu mengapa kalau ada dialog agama selalu orang Arab saja yang diundang, Anda kan berangkat dari negara dengan agama muslim terbesar di dunia," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Menurut Emil, ia menyadari, bahwa kemampuan bahasa asing masih terbatas. Oleh karena itu, ia mempunyai ide memberikan latihan Bahasa Inggris pada ulama-ulama muda.

"Di Jawa Barat lulusan terbaiknya setengahnya darii NU sudah kami kirim ke Inggris bertemu Wali Kota, DPR dan sebagainya," katanya.

Emil juga mengenalkan Program Kredit Mesra, yakni kredit yang sangat memudahkan bagi kaum duafa. Menurutnya, umat Islam yang dhuafa cukup ke masjid. Terutama, masjid yang bekerja sama dengan Bank BJB.

"Kita kasih pinjaman tanpa bunga. Kami berharap kaum duafa jangan menjauhi masjid, melainkan justru mendekati masjid," kata Emil.

Menurut Emil, dari masjid selain ibadah ritual akidah, umat juga mendapatkan pertolongan ekonomi dari Pemprov Jawa Barat. Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image