Bandung Film Weeks Digelar, Angkat Sejarah Hingga Apresiasi Hari Film

Bandung Pisan  

BANDUNG---Bandung harus menjadi kota Film. Karena, film pertama di Indonesia diproduksi di Bandung. Jadi, Bandung pun menjadi tempat bersejarah dimana film pertama kali di pertontonkan untuk umum masih berdiri megah terletak di jalan Braga, Bandung atau yang dikenal dengan Gedung Majestic.

Menurut perwakilan penyelenggara Bandung Film Weeks, Dody Kiwari, Film Loetoeng Kasaroeng adalah film pertama yang di produksi oleh sutradara G Krueger dan L Heuveldorp dan yang menjadi Executive Produser dalam film ini adalah Bupati Bandung R.A.A Wiranatakusuma V.

Film ini, kata Dody, dibintangi oleh aktor dan aktris pribumi yakni anak anak Bupati sendiri. Tercatat dalam sejarah film ini adalah rilisan NV Film Java Company pada tahun 1926, tentunya ini adalah sesuatu yang memoreable untuk diulang kembali dimana sejarah film dibuat disaat zaman penjajahan Belanda. Sejalan dengan perkembangan film yang telah mengalami kemajuan sangat pesat, akar sejarah perfilman Indonesia baik dalam segi teknis maupun teknologi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kami ingin mengangkat sejarah film yang diimplementasikan pada waktu itu akan diulang oleh sekelompok atau komunitas sineas Bandung Indonesia tentunya dengan kemasan yang lebih modern, dalam event Bandung Film Weeks 2022 ( Pekan Film Bandung 2022)," ujar Doddy, Selasa (29/3).

Doddy menjelaskan, event ini digagas dalam rangka menuju Bandung Kota Film. Jadi, sebagai awalan, ia mengagas sebuah Ceremony Bandung FilmWeeks yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2022, di Bandung Creative HUB.

"Kegiatan Bandung Filmweeks ini dimulai dari Pemutaran Film R.A.A Wiranatakusumah dan apresiasi Hari Film Nasional," katanya.

Kamudian, kata dia, berlanjut hingga 10 April 2022, masih bertempat di Bandung Creative HUB. Acara yang akan digelar di antaranya, Anugerah Guruminda, Pemutaran Film Celuloid, Diskusi literasi Hari Film Nasional, Fun Hunting Photography dan Apresiasi Hari Film Nasional. Arie Lukihardianti

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image