Penyesalan Ed Sheeran Atas Hak Cipta Lagu Photograph

Gaya Hidup  
Ed Sheeran. Dok. Instagram
Ed Sheeran. Dok. Instagram

LONDON -- Penyanyi Inggris, Ed Sheeran mengaku telah menyesal karena telah menyelesaikan klaim pelanggaran hak cipta atas lagunya, Photograph. Pada 2017, Ed Sheeran mengurus klaim lagu ini yang justru membuka pintu tuntutan hukum lainnya.

Sebenarnya, Ed Sheeran telah memenangkan kasus pelanggaran hak cipta pada lagu Ed Sheeran lainnya, Shape of You, di Pengadilan Tinggi London pada pekan ini. Hakim memutuskan bahwa Ed Sheeran tidak menjiplak lagu Oh Why karya Sami Chokri.

Pada 2017 lalu, Ed Sheeran tidak membawa kasus pelanggaran hak cipta lagu Photograph ke pengadilan. Ed Sheeran malah harus mengeluarkan dana sebesar 20 juta dolar atau 287 miliar rupiah untuk menyelesaikan kasus hak cipta atas lagu tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Saya pikir dari sana pintu air terbuka dan mereka berkata, 'baiklah jika anda melakukan itu', saya pikir hal ini menjadi asal dari segala yang terjadi saat ini," kata Ed Sheeran dilansir dari laman Music News.

Ed Sheeran mengaku ada penyesalan yang dia lakukan karena mengurus pelanggaran hak cipta itu bukan melalui pengadilan. Bahkan Ed Sheeran sampai tidak membawakan lagu itu selama bertahun-tahun.

"Secara pribadi memang harus ada yang dikorbankan, tapi tidak dengan biayanya. Saya tidak membawakan lagu itu selama bertahun-tahun. Saya ingin berhenti membawakan lagu itu, saya merasa aneh, itu membuat saya seperti merasa kotor," kata Ed Sheeran.

Bukan hanya soal dana luar biasa yang dikeluarkan untuk mengklaim lagu itu. Ed Sheeran bahkan menjadi lebih hati-hati ketika menciptakan lagu. Dia merekam semua proses penulisan lagu untuk melindunginya dari masalah.

"Sekarang saya selalu mengambil rekaman video semuanya, jadi selalu ada rekaman video. Kami bisa memiliki bukti ketika ada yang mengklaim lagu kami. Ini ada videonya dan silakan ditonton, maka anda tidak bisa memberikan pembelaan lagi," kata Ed Sheeran.

Setelah klaim Photograph, akhirnya lagu Shape of You pun naik ke meja pengadilan untuk pembuktian bahwa Ed Sheeran tidak melakukan plagiat. Ed Sheeran telah memutuskan bahwa setiap permasalah tentang lagunya akan diselesaikan oleh pengadilan.

"Permasalahan seputar ini akan selalu soal uang. Tapi sebenarnya ini bukan uang, tapi kejujuran. Jika akhirnya menang atau kalah, kami akan tetap pergi ke pengadilan karena kami harus membela apa yang kami anggap benar," kata Ed Sheeran.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image